Google Tak Salahgunakan Android?

0
132

google2RANDALL LAZUARI. NEW YORK. Hakim federal AS menolak gugatan terhadap Google atas dugaan persaingan tidak sehat. Sebagaimana dilaporkan oleh Reuters, Hakim memutuskan Google bebas dari segala tuduhan kemarin [Jumat 20/2].

Adapun gugatan terhadap Google berkenaan dengan aplikasi standar perusahaan yang disertakan pada sistem operasi Android. Pabrik-pabrik Smartphone mendapat Android secara gratis, tetapi untuk bisa menggunakan Google Play Store, harus dengan menginstal terlebih dahulu standard layanan Google seperti Maps, Gmail, dan mesin pencari pada perangkat mereka.

“Cara seperti itu menyebabkan persaingan tidak sehat. Pada gilirannya akan menyebabkan tidak perlunya harga tinggi smartphone,” tuduh Jaksa.

Hakim federal, Beth Labson Freeman, tidak menemukan bukti kuat atas adanya hubungan sebab-akibat sebagaimana dituduhkan oleh Jaksa. Freeman mengatakan, dugaan tentang harga yang tidak adil dan risiko kerugian inovasi tidak harus berarti Google memang ingin meningkatkan daya saing.


[one_fourth]3 minggu untuk memperbaiki gugatan[/one_fourth]

Menurut undang-undang California, para jaksa punya waktu selama 3 minggu untuk memperbaiki tuntutan mereka. Kedua belah pihak belum memberi tanggapan atas keputusan hakim ini.

Google juga mendapat tuduhan yang sama di banyak negara lain. Komisi Eropa sedang melakukan penelitian serius atas dugaan penyalahgunaan kekuasaan oleh perusahaan raksasa mesin pencari internet ini. Rusia juga kemungkinan akan meneliti daya saing Google di dalam negeri Rusia.


Leave a Reply