Andi Sinulingga Hangat di Media Sosial Terkait Ancaman Australia

2
339
koin utk australias
Sumber foto: Tribun Lampung

BRANDY KAROSEKALI. MEDAN. Nama Andi Sinulingga, pria berdarah Karo dari Taneh Karo (Sumatera Utara), kini telah menjadi perbincangan hangat di media sosial. Aksi Andi sebagai inisiator pengumpulan koin dari Koalisi Pro Indonesia (KPI) banyak diapresiasi masyarakat Indonesia secara luas.

Reaksi pengumpulan koin ini bermula dari penyataan Perdana Menteri Australia Tony Abbott yang mengungkit soal bantuan negaranya terhadap korban bencana Tsunami di Aceh pada Tahun 2004 silam. Dalam sebuah pernyataannya, Abbott meminta Indonesia membayar kemurahan hati itu dengan membatalkan eksekusi dua warganya yang divonis mati dalam kasus perdagangan Narkoba di Bali.


[one_fourth]Aksi ini mulanya digagas oleh KPI[/one_fourth]

Pernyataan Abbott kemudian menuai reaksi jengkel sejumlah warga Indonesia. Bahkan ada gerakan kumpulkan koin guna mengembalikan bantuan tersebut. Sebagai puncaknya, para pengumpul koin tersebut menggalang dana di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta [Minggu 22/2]. Aksi ini mulanya digagas oleh KPI yang terdiri dari akademisi, politisi dan profesional muda dan kemudian mengundang perhatian dari masyarakat sekitar yang sedang mengikuti kegiatan Car Free Day di sekitar Patung Selamat Datang untuk memberi koin yang mereka miliki.

Seiring dengan aksi pengumpulan koin yang digagas oleh Andi bersama KPI di Bundaran Hotel Indonesia, kini telah menjadi perbincangan hangat di media sosial khususnya di Twitter. Seperti pantauan Sorasirulo.com di Twitter, tagar #KoinuntukAustralia kini telah menjadi trending topik.

Ketika tagar #KoinuntukAustralia diklik, maka akan muncul berbagai ungkapan apresiasi dari masyarakat pengguna media sosial terkait aksi penggalangan koin yang dilakukan oleh Andi Sinulingga bersama API.

Andi Sinulingga yang dimintai keterangannya oleh wartawan terkait aksi yang dilakukannya menyatakan, gerakan pengumpulan koin merupakan bukti bahwa dirinya bersama masyarakat bisa membayar semua yang telah diberikan Australia untuk tsunami Aceh.

“Ini bukti kalau kami bisa membayar semua yang telah diberikan Australia untuk tsunami Aceh,” kata inisiator pengumpul koin dari KPI yang berasal dari Suku Karo ini.

Meski demikian, Andi mengaku sejauh ini belum bisa memastikan sudah berapa koin yang telah terkumpul. Namun, ia memastikan Rp 12 Miliar yang merupakan total dari bantuan Australia kepada Indonesia pasti terkumpul.

“12 Miliar bisa terkumpul. Ini untuk menunjukkan kepada mereka bahwa yang butuh Australia bukan hanya Indonesia. Tapi dia juga butuh kita. Banyak warga kita yang dihukum mati di negara lain. Tapi kita enggak pake ngancam. Kegiatan galang koin akan terus berjalan,” kata Andi.


[one_fourth]Daily Mail juga turut memberi-takan[/one_fourth]

Kini salah satu media terkemuka dari Inggris, Daily Mail juga turut memberitakan terkait aksi pengumpulan koin yang digagas Andi Sinulingga. Pada berita Daily Mail yang berjudul “Bouquets and brickbats over Bali Nine” tersebut, penulis mengutip Andi dari Kompas.com yang mengatakan baru akan menghentikan aksi pengumpulan koin saat Tony Abbott menarik ucapannya dan meminta maaf terkait ucapanya.

“Until Tony Abbott apologises directly, not represented by his foreign minister. Australia wouldn’t dare behave like this to another country,” demikian kutipan pernyataan Andi Karo-karo Sinulingga ini seperti yang dikutip oleh Sorasirulo.com dari laman Daily Mail.


2 COMMENTS

  1. salah fatal bos,bantuan si singetken abot ena 1 billion dolar,1 billion =1 milyar(bhs indonesia),anggaplah 1 dolar=10 ribu saja berarti adi rupiahken 1milyarx 10 ribu=10 triliun.adi pepulungi kerina sen receh negaranta enda seh kin kapndu 10 triliun?

  2. Inisiatif yang sangat tepat momentnya. Ini bisa MENGUBAH atau bikin perubahan.

    Abbot menyedari kecerobohannya, seperti anak-anak, kalau dikasih duit harus mau disuruh.

    Soal kedaulatan negeri ini jangan disejajarkan dengan soal 2 orang pengedar narkoba.Kedaulatan itu jauh lebih berharga karena kedaulatan menyagkut kehormatan satu nation dan ratusan juta orang.

    ‘jika diam saja tak akan ada perubahan’. Andi Sinulingga tidak diam saja membiarkan kedaulatan RI dipermainkan oleh Abbot.

    MUG

Leave a Reply