Kolom M.U. Ginting: Jokowi Diantara KPK dan Polri

1
283
jokowi 3
Sirulo Fashion Show (Karo): Padri Ginting (pria) dan Karmila Kaban (perempuan). Model pria memegang pisau ritual Karo bernama tumbuk lada dan kedua model mengenakan kain tenunan Karo (uis)

M.U. GintingBagus sekali Jokowi bertindak bikin keputusan yang memuaskan (win win solution) dalam menghadapi KPK maupun Polri. Mengganti langsung pimpinan KPK dan menetapkan Kapolri.

Badrodin jadi Kapolri berarti juga harus diangkat jadi pangkat tertinggi dalam polisi (jenderal bintang 4). Dia berhak atau memang sudah merupakan keharusan.

Tadinya terlihat kalau dia sungkan atau tak dipatuhi oleh Komjen-komjen lain. Atau juga, lebih jelek lagi, bahkan harus turut perintah Komjen lain yang lebih ‘berkuasa’. Jelas sekali bisa diduga dalam penggantian Komjen Alius yang lantas di-Lemhanas-kan diganti oleh Komjen BW (Salah satu dari ‘dua Budi nakal’ di Polri, kata Oegroseno).


[one_fourth]dianggap bahwa Alius adalah orang bersih di Polri[/one_fourth]

Alius dianggap atau diduga pembongkar rahasia rekening gendut BG ke KPK, sedangkan KPK bilang kalau infonya dari publik. Dari situ juga dianggap bahwa Alius adalah orang bersih di Polri. Sebaliknya Komjen BW bilang ada pengkhianat di Polri. Sebagaimana ditulis di Beritasatu.com: “Kendati tidak menyebutkan siapa yang dimaksud sebagai pengkhianat, telunjuk Budi tampaknya mengarah pada Komjen Suhardi Alius yang akan digantikan itu.”

Suhardi Alius sendiri mengaku kedekatannya dengan KPK dan PPAK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) adalah karena fungsi jabatannya sebagai Kabareskrim.

Dengan sebagian fakta dan kenyataan ini, sepatutnyalah Alius diangkat jadi Wakil Kapolri bila Badrodin jadi Kapolri. Bila Badrodin sudah berpangkat jenderal, tidak lagi begitu gampang dikontrol oleh Komjen-komjen lain. Posisi dan selfesteemnya pasti berubah dan meningkat otomatis karena paling tinggi di Polri dan Komjen-komjen lainnya tak begitu sembarangan memerintah orang berpangkat lebih tinggi.

Jokowi kelihatannya bisa memantau dan memastikan sejauh itu. Di samping itu, juga Badrodin tak lama lagi pensiun. Bravo, Pak Jokowi.


1 COMMENT

Leave a Reply