Bupati Resmikan Sumber Air dan Pelestarian Desa Budaya Dokan

0
290
dokan 4
Acara yang dilaksanakan di Lesung Kuta Dokan

ngguntur purbaNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Bupati Kabupaten Karo (Terkelin Brahmana SH) meresmikan mata air Desa Dokan yang dibangun oleh My Home Jakarta di Desa Dokan (Kecamatan Merek) [Jumat 27/2: Sore). Peresmian mata air ini ditandai dengan peletakan batu pertama untuk membangun bak penampung air. Pembangunannya merupakan program My Home Jakarta yang dibawakan oleh Pdt Daniel Panji.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan pernyataan rasa terimakasih kepada My Home Jakarta pimpinan Pdt. Ir. Daniel Panji. Terimakasihnya terlebih-lebih karena kegiatan serupa akan dilaksanakan juga keesokan harinya [Sabtu 28/2] di Desa Lingga (Kecamatan Simpangempat).

“Pengadaan air untuk penduduk desa merupakan pekerjaan pemerintah, namun kegiatan My Home telah membantu Pemkab Karo terutama untuk Desa Dokan dan Lingga yang keduanya adalah desa wisata,” kata Terkelin

Terkelin mengharapkan warga menjaga kebersihan desa dengan bergotongroyong serta memperindah desa dengan menanami bunga-bunga di halaman rumah, menjaga ketertiban desa dan menjaga mata air yang ada.

“Demikian juga miniatur rumah adat Karo yang ada di Dokan agar dilestarikan,” ujarnya.


[one_fourth]memberdayakan warga desa yang memiliki keterampilan pembuatan miniatur rumah adat[/one_fourth]

Terkelin meminta Sekdakab Karo untuk memberdayakan warga desa yang memiliki keterampilan pembuatan miniatur rumah adat Karo. Menurutnya, miniatur rumah adat ini diperlukan sebagai cindra mata kepada tamu-tamu yang datang berkunjung ke Kabupaten Karo. Dia juga berharap agar seluruh warga desa memperbaiki diri sebagai masyarakat desa agar tidak menggunakan narkoba, berjudi serta teguh dalam menjaga dan mempertahankan adat istiadat Karo, menjaga pertuturen dan melestarikan desa sesuai program yang sudah dilakukan Pemkab Karo dan My Home.

Pada peresmian mata air tersebut juga dilakukan acara pembacaan puisi, persembahan tari-tarian budaya Karo oleh Sanggar Tari Mbuah Page Dokan dengan menggunakan musik tradisional Karo seperti dulu yang digunakan nenek moyang Suku Karo.

Warga Dokan kemudian memberikan cindera mata berupa miniatur rumah adat Karo yang ukurannya lumayan besar dan memiliki tiang penyangga. Selanjutnya, diadakan penyalaan obor kebersamaan tanda Desa Dokan akan diberkati dengan perbaikan-perbaikan seperti penanaman bunga, pelestarian Dokan sebagai Desa Wisata, dan pelestarian Budaya Karo. Lalu, Bupati Kabupaten Karo ini melantik pengurus Pelestarian Desa Budaya Dokan.

dokan 3Turut hadir di acara tersebut adalah Sekdakab Karo dr. Saberina MARS, Ketua PGPI Sumut Pdt. Paul Wakarr, anggota DPRD Kabupaten Karo Mansur Ginting, Jon Karya Sukatendel, Firdaus Sitepu, Kadis Kominfo Kabupaten Karo drs. Agustin, Camat Merek, Direktur RSU Kabanjahe, Kepala Desa Dokan, perwakilan Polres Tanah Karo dan para undangan lainnya.


Leave a Reply