Kolom M.U. Ginting: e-Budget Ahok

0
234
e-budget
Ahok saat diwawancarai wartawan berkenaan dengan e-budget. Sumber foto: http://ahok.org/

M.U. GintingLanggam kerja dan langgam kepemimpinan Ahok sangat istimewa. Terus terang dan blak-blakan adalah salah satu cirinya yang khas. Kalau soal uang yang dikorupsikan pastilah rakyat langsung mengerti. Dasarnya juga memang kejujuran dan sikapnya yang mau menyelesaikan pekerjaan yang dia anggap jadi tugasnya sebagai Gubernur Jakarta.

Banyak yang menjadi musuhnya, tetapi musuh-musuh ini susah menghadapi Ahok karena Ahok taruh semua di atas meja. Sesuatu yang gelap tentu saja tak bisa ditaruh di atas meja. Akan tetapi, bagaimana caranya menyimpan ‘shadow’ kalau hari semakin terang oleh lentera jutaan rakyat?

[one_fourth]di Surabaya oleh Risma dan dia jadi bermusuhan dengan DPRD[/one_fourth]

Ahok bikin e-budgeting untuk menghindari penyelewengan anggaran, karena semua harus pakai e-budget dan passwordnya hanya sang gubernur yang tahu. Ini sudah diterapkan di Surabaya oleh Risma dan dia jadi bermusuhan dengan DPRD Surabaya. Sama halnya dengan Ahok ini. Kemungkinan Ahok ‘lebih selamat’ dari Risma karena keterusterangan dan blak-blakannya. Sifat ini agak kurang dalam diri Risma.

Ahok memikirkan bagaimana menghindari korupsi anggaran, karena dia sendiri tak berkepentingan untuk menggelapkan uang rakyat, tidak etis katanya. Semua bisa melihat dan membaca e-budget. Semua perubahan harus lewat sepengetahuan gubernur karena hanya dia yang bisa menandatangani yang punya akses password.

Memang sangat menarik perkembangan cara budgeting ini. Salah satu cara membuka dan melaporkan budget apa saja ke orang banyak (publik) sehingga kontrol masyarakat betul-betul terjadi. Revolusi Kontrol Publik.

Mungkinkah e-budget ini bisa menghalau korupsi di Indonesia? Dan juga dunia? Perkembangan ini memang sangat memberikan harapan.



Leave a Reply