Pengungsi Asal Gurukinayan Belum Terima Jatah Hidup

0
193

gurukinayan

ngguntur purbaNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. 2 bulan sudah Tahun 2015 berlalu, tapi para pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung asal Desa Gurukinayan (Kecamatan Payung) masih terkatung- katung. Mereka menunggu pelaksanaan janji pemerintah  untuk membantu mereka dengan uang sewa rumah sebesar Rp. 1.800.000 dan jatah hidup (jadup).

Dalam sebuah wawancara dengan Sora Sirulo [Kamis 26/2], Plh. Kades Gurukinayan, (Pelin Sembiring) mengatakan, para pengungsi asal desa ini sampai sekarang belum mendapatkan kepastian di mana lokasi relokasi untuk mereka.

“Begitu juga dengan jatah hidup dan uang sewa rumah sebesar Rp. 1.800.000 yang sudah dijanjikan belum ada realisasinya untuk tahun 2015 ini,” papar Pelin.

Keluhan warga menurut Pelin sudah disampaikan langsung ke Bupati Karo Terkelin Brahmana SH [Senin 23/2] di Kantor Bupati  Karo Kabanjahe. Dalam pertemuan itu, Bupati Kabupaten Karo mau menerima dan mendengarkan aspirasi para pengungsi.

[one_fourth]tiba-tiba terdengar bupati Karo berkata kera[/one_fourth]

“Mirisnya, saat pertemuan masyarakat dengan bupati itu berlangsung, tiba-tiba terdengar Bupati berkata kera. Maksud kata kera dari  ucapannya itu apa? Kami tidak tahu ke mana arahnya. Yang pasti, kami merasa tersinggung,” ungkap Pelin setengah bingung

Pihaknya merasa bingung mendengar perkataan kera dari seorang kepala daerah di hadapan masyarakatnya.

“Tidak etis seorang kepala daerah mengucapkan kata kera di hadapan masyarakatnya. Seharusnya kepala daerah itu memberikan motivasi yang dapat mengurangi beban penderitaan pengungsi korban erupsi, bukan malah membuat bingung,” ketusnya.

Ketika hal ini dikonfimasi kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana SH [Minggu 1/3] melalui telefon selulernya, terdengar suara laki-laki yang mengaku bernama Jepri.

“Maaf, Pak Bupati lagi makan siang. Nanti pesannya saya sampaikan,” sahutnya.

Sama juga seperti saat dikonfirmasi via sms perihal pertemuan masyarakat Desa Guru Kinayan dengan Bupati Karo Senin [23/2] lalu itu, tetap juga tidak mendapat jawaban.

[one_fourth]Keterangan Foto[/one_fourth]

Plh. Kades Gurukinayan saat menyampaikan aspirasinya di Kantor Sementara Pemerintahan Desa Gurukinayan [Kamis 26/2] (Foto : Terkelin Bukit )

Leave a Reply