Demonstrasi Besar-besaran Anti Putin di Moskow

0
163
rusia
Boris Nemtsov semasa hidupnya yang sering memimpin demonstrasi anti Putin

LORETA KAROSEKALI. AMSTERDAM. Terbunuhnya pemimpin oposisi Rusia, Boris Nemtsov, diperingati secara besar-besaran kemarin di Moskow [Minggu 1/3]. Puluhan ribu orang bergabung dengan pawai pemakamannya. Terlihat polisi di jalan-jalan.

Sulit memperkirakan berapa banyak orang yang ikut berpawai. Beberapa media di Eropah memperkirakan antara 20.000 sampai 70.000 peserta, namun gambar-gambar di televisi mengingatkan bahwa perkiraan 20.000 orang terlalu rendah.

Para demonstran mengenakan bunga, potret dan tanda-tanda yang berbunyi “Saya tidak takut dengan mereka”. Mereka meneriakkan “kita tidak lupa, kita tidak memaafkannya” sambil melambai-lambaikan bendera Rusia. Media-media Rusia menunjukkan bagaimana peserta melanjutkan perjalanan dengan hempangan dan dikendalikan oleh banyak petugas keamanan sebelum mereka akhirnya mendobrak untuk bergabung dengan prosesi pemakaman kritikus Kremlin itu.

Nemtsov ditembak mati [Jumat 27/2: Malam] di sebuah jembatan sekitar sepelemparan batu jaraknya dari Kremlin.


[one_fourth]Rekaman menunjukkan pembunuhan itu direncanakan dengan seksama[/one_fourth]

Stasiun televisi Moskow TVC kemarin merilis gambar informasi baru tentang pembunuhan politisi oposisi Boris Nemtsov. Gambar itu menunjukkan bagaimana tersangka pelaku kejahatan di sebuah jembatan di pusat Moskow menunggu Nemtsov. Menurut kantor berita Rusia Sputnik, gambar itu telah dipelajari secara ekstensif. Rekaman menunjukkan pembunuhan itu direncanakan dengan seksama.

Rusia hari ini mengumumkan akan memberi hadiah tiga juta rubel (hampir 45.000 euro) untuk “informasi berharga” dalam penyelidikan pembunuhan Nemtsov. Saksi diundang untuk melaporkannya dalam upaya memecahkan kasus ini dengan jaminan kerahasiaan identitas saksi.

Nemtsov (55) adalah seorang pengecam keras Vladimir Putin dan salah satu dari tidak banyak orang yang berani menentang presiden Rusia itu. Pecatur legendaris yang masih hidup, Kasparov, adalah juga penentang keras kebijaksanaan-kebijaksanaan Putin.

Polisi Kriminal federal Rusia mencurigai pembunuhan ini dilakukan oleh pihak oposisi sendiri untuk membuat rakyat marah sehingga situasi politik di Rusia menjadi kacau balau. Nemtsov menurut juru bicara Putin sengaja dikorbankan oleh orang-orangnya sendiri untuk memprovokasi rakyat sehingga negara menjadi goncang.


Leave a Reply