Tower dan Bak Air Bersih Terancam Jadi Besi Tua

0
146
tower 2
Tower penampungan dari mata air.

IMANUEL SITEPUIMANUEL SITEPU. BIRU-BIRU. Proyek pengadaan air bersih di Dusun 3 Desa Sidomulyo (Kecamatan Biru-biru) tak lama lagi bakal menjadi besi tua. Proyek air bersih milik Dinas  PU Pengairan Deliserdang ini hingga kini belum berfungsi sebagaimana mestinya.

“Kami tidak tau kapan selesainya,” ujar Kahar (56) warga setempat kepada Sora Sirulo di Desa Sidomuliyo [Senin 2/3].

Saat dikonfirmasi lebih jauh, Kahar mengatakan tidak mengetahui kapan proyek akan dilanjutkan. Soalnya, katanya, saluran pipa ke rumah-rumah warga belum tersambung meski saluran distribusi dari menara air sudah terpasang.

“Belakangan ini tidak ditemukan lagi karyawan yang bekerja meneruskan proyek. Saya pun tidak mengerti,” kata Kahar yang juga dibenarkan warga lainnya.

Di lain pihak, seorang ibu rumah tangga beru Perangin-angin (45) sangat berharap bangunan ini segera dituntaskan.

tower 1
Bak penampungan dari mata air.

“Selama ini, warga terpaksa mencari air bersih ke sebuah sumur dan pancuran di lembah sekitar desa ini,” ujarnya.

Hal senada dikatakan oleh Kepada Dusun 3 Desa Sidomulyo (Kecamatan Biru-biru), Jusup Tarigan.

“Memang selama ini sarana pengadaan air bersih sangat didambakan warga. Bertahun-tahun warga naik turun ke lembah tempat sumber air dalam memenuhi keperluan rumah tangga,” kata Tarigan seraya mengatakan selama ini tidak  mendapat laporan siapa yang bertanggugjawab terhadap proyek pengadaan air bersih ini.

Hasil pantauan Sora Sirulo di lapangan, bangunan ini tidak ditandai dengan plank penjelasan sebagaimana diwajibkan oleh aturan yang berlaku. Dari hasil investigasi yang dilakukan, ternyata proyek ini dikerjakan oleh CV Dian Wira Putra beralamat di Jl. Sakti Lubis Gg. Bambu No 15.


Leave a Reply