Ribuan Warga Saksikan Rekonstruksi Pembunuhan Alm. Suryani

0
303
rekonstruksi 2
Ketiga tersangka memperagakan perampokan yang berujung pembunuhan.

Supir KPUM 23 Sukses Perawani Pacar di Malam Tahun BaruIMANUEL SITEPU. DELITUA. Ribuan warga yang bermukim di seputaran Kecamatan Delitua datang menyaksikan rekonstruksi pembunuhan terhadap Suryani (43), ibu 4 anak, yang digelar Polsek Delitua di kediaman korban, Jalan Besar Delitua Simpang Perumahan KPUM No.82 Desa Mekar Sari (Kecamatan Delitua) [Jumat 6/3: sekira 11.00 wib].

Pantauan Sora Sirulo di lokasi, selain disaksikan ribuan warga dan keluarga korban, rekonstruksi yang digelar sebanyak 17 adegan ini turut diikuti oleh Kapolsek Delitua Kompol Anggoro Wicaksono SH Sik MH, Kanit Reskrim AKP Martualesi Sitepu SH MH, Kanit Intelkam Iptu Manis Sembiring serta JPU dari Kacabjari Pancurbatu Dicky Wirawan SH.

“Kita juga pingin tau bagaimana pelaku membunuhnya karena kami kenal semua pebunuh itu. Maunya pelaku itu dihukum berat saja,” kata seorang  ibu rumah tangga rela berdesak-desakan untuk mengikuti jalanya rekonstruksi.

Sementara dari setiap adegan yang diperagakan oleh tim penyidik, pencurian yang berakhir dengan pembunuhan tersebut berawal [Kamis 12/2: sekira 21.00 wib] saat Sharon Matondang alias Saron (31) yang tinggal persis di belakang rumah Suryani mengajak Rahmad Alias Gembel (26) warga Gg. Benteng Delitua dan Amri Jauhari alias Ambi (33) warga Gg. Utama Delitua berkumpul di rumahnya untuk merencanakan pencurian di rumah Suryani.

rekonstruksi 5Dalam percakapan yang mereka lakukan, kepada tersangka Gembel dan Ambi, Sharon memastikan di rumah Suryani banyak disimpan perhiasan emas. Dari informasi yang diberikan, Sharon lalu meminta jatah 15 persen dari hasil pencurian nantinya.

Lalu, tersangka Gembel dan Ambi kemudian mendekati rumah korban sambil membawa obeng dan linggis [Jumat 13/2: sekira 03.30 wib].

Dengan menggunakan linggis, Gembel dan Ambi berhasil membuka pintu samping rumah yang dijadikan tempat reperarasi jok kereta. Ternyata, saat mereka sedang mencongkel pintu rumah korban, seorang saksi mata yang sedang melintas melihat kejadian itu.

Lantas, sesampainya di ruang tamu, kedua pelaku langsung mengincar barang berharga milik korban. Mereka tidak menemukan apa yang mereka cari. Lalu, Ambi membuka pintu kamar dimana Korban Suryani tertidur. Ternyata, saat Ambi membuka pintu kamar, Suryani mendengar suara pintu kamar terbuka dan akhirnya terbangun.


[one_fourth]Mengetahui korban masih bernafas,[/one_fourth]

Melihat hal itu, Ambi langsung memukul kepala Suryani sebanyak 3 kali ketika korban masih berada di tempat tidur. Setelah itu, kedua tersangka menyeret tubuh Suryani ke ruang tamu. Mengetahui korban masih bernafas, Ambi kembali memukul kepala korban sebanyak 2 kali dengan menggunakan linggis.

Detik berikutnya, Gembel kembali masuk ke dalam kamar korban dan mencari barang berharga seperti yang diinformasikan oleh Sharon. Ternyata, Gembel hanya menemukan  2 unit Hape dan mengambilnya lalu pergi.

“Motifnya murni perampokan yang telah direncanakan sehari sebelumnya,” kata Kapolsek Delitua Kompol Anggoro Wicaksono SH Sik MH kepada Sora Sirulo di lokasi usai rekonstruksi digelar.

Berita terkait:

– Kepala Dipukuli, Ibu Anak 4 Tewas Bersimbah Darah

Polisi Tembak Perampok/ Pembunuh Suryani

Kawanan Pembunuh Suryani Ternyata Keluarga Pencuri

Semua Pelaku Pembunuhan Alm. Suryani Dibekuk


Leave a Reply