GBKP Rawamangun Bersiap Guro-guro Aron

1
338

landek 3

 

RANINTA MILA. JAKARTA. Foto-foto di atas menampilkan kegiatan latihan Guro-guro Aron (pesta tradisional muda-mudi Karo) di Gedung GBKP Rawamangun Pulomas Jl. Mahoni Raya Nomor 10.

Guro-guro Aron muda-mudi GBKP yang dipersiapkan ini akan dilaksanakan 25 april 2015 yang akan datang di Gedung Olah Raga (GOR) Tanjung Priok.


[one_fourth]ajang ketemu jodoh (sengaja atau tidak sengaja)[/one_fourth]

Selain untuk mengakrabkan satu dengan yang lain, kegiatan seperti ini juga bisa menjadi ajang ketemu jodoh (sengaja atau tidak sengaja) diantara para muda-mudi Jabodetabek.

Namun begitu, tujuan penting dari Guro-guro Aron termasuk persiapannya adalah untuk melestarikan budaya tradisional Karo sertai menambah pengetahuan bagi muda-mudi bahwa Gendang Guro-guro Aron adalah juga bagian dari budaya ertutur.

Dalam amatan Sora Sirulo, para muda-mudi GBKP yang tergabung dalam Permata (Persadan Man Anak Jabunta) ini mengikuti latihan menari dengan tekun dan antusias. Tentu saja, sebagaimana biasanya muda-mudi Karo, mereka juga menyempatkan diri bersenddagurau satu sama lain di sela-sela latihan.


1 COMMENT

  1. Kegiatan kultur akan selalu bermanfaat dalam memperkenalkan Karo sebagai satu kultur yang sudah berumur lebih dari 5000 tahun Jadi menurut hasil penggalian arkeolog USU yang terakhir di dataran tinggi Gayo, dua suku (ketika itu mungkin satu suku) Karo adalah yang tertua di Sumatra. Suku lainnya seperti suku Batak baru ada sekitar 700-800 tahun lalu menurut arkeolog Ketut Wiradyana darI hasil galiannya di Taput Samosir. Tetapi Menurut mitos Bungaran Simanjuntak orang Batak dan Sirajabatak sudah 2500 tahun di Sumatra.

    MUG

Leave a Reply