6 Perampok Ngaku Polisi Digulung

0
162

Supir KPUM 23 Sukses Perawani Pacar di Malam Tahun BarusindikatIMANUEL SITEPU. DELITUA. Dari hasil penyelidikan selama sebulan, Polsek Delitua akhirnya berhasil mengungkap kelompok sindikat perampok yang kerap beraksi di Kota Medan, Deliserdang, dan Sergai. Dalam aksinya, kelompok ini selalu mengaku Polisi.

Menurut Kapolsek Delitua, melalui Kanit Reskrim AKP Martualesi Sitepu SH MH kepada Sora Sirulo, keenam pelaku yang berhasil diamankan adalah Herman Pelani Ginting alias Mangar (34) warga Dusun Lau Sigembura Desa Biru-biru (Kecamatan Biru-biru), Suranta Tarigan alias Sura (40) warga Jl. Porlak Nommensen Desa Simalingkar A (Kecamatan Pancurbatu), Roi Tarigan (33) warga Simalingkar B (Medan Tuntungan), Anto Sinulingga (30) juga warga Simalingkar B, Syahmad (45) warga Dusun 6 Gg. Citarum, Desa Candi Rejo (Kecamatan Biru-biru) serta Hendry Bona Tua Manurung warga Jl. Pintu Air 4 Kelurahan Kwala Bekala.

“Keenam tersangka tergabung dalam satu kelompok sindikat dan telah banyak melakukan berbagai kejahatan di wilayah hukum Polresta Medan, Polres Deliserdang dan Polres Sergai,” Kata Sitepu.

Terungkapnya sindikat perampokan tersebut berawal saat Polsek Delitua menerima laporan korban Dasar Bahagia Ginting (57) warga Jl. Bunga Pancur Siwah, Kelurahan Mangga (Medan Tuntungan). Dalam laporanya, Bahagia mengaku kehilangan mobil Daihatsu Taft GT BK 1538 LS saat di parkir di depan rumahnya [Selasa 10/2: sekira 03.30 wib].

“Dari hasil penyelidikan, teridentifikasi bahwasanya pelaku adalah keenam tersangka. Berkat kerja keras tim yang kita bentuk untuk mengungkap kelompok sindikat ini, 5 dari 6 tersangka akhirnya berhasil ditangkap [Sabtu 7/3: sekira 01.00 wib] di markasnya Jl. Simalingkar Raya 1No 31 Desa Simalingkar A (Kecamatan Pancurbatu). Sementara 1 tersangka lainnya ditangkap setelah kita melakukan pengembangan,” bebernya.


[one_fourth]1 jam drama penggere-bekan berlangsung[/one_fourth]

Saat dilakukan penggerebekan, kelima tersangka mencoba melakukan perlawanan dengan memadamkan aliran listrik dalam rumah. Hampir 1 jam drama penggerebekan berlangsung dan akhirnya berhasil menangkap kelima pelaku.

Dari hasil penggeledahan di dalam rumah, ditemukan barang-barang yang berhubungan dengan sepeda motor dan mobil yang sudah dipreteli. Selain itu, 5 buah kunci Letter T serta 2 pasang plat BK 8673 BJ dan BK 4762 ADW juga ditemukan. Selanjutnya kelima tersangka digelandang ke Polsek Delitua.

Kini tersangka Mangar Ginting, Suranta Tarigan dan Hendri Manurung telah diamankan di Polsek Delitua. Sementara Roi Tarigan, Anto Sinulingga dan Syahmad telah diserahkan untuk sementara ke Sat Reskrim Polres Sergai karena keduanya telibat pencurian mobil L 300 di sana untuk diproses terlebih dulu.

Dari hasil pengembangan yang dilakukan, terungkap kalau para pelaku juga terlibat dalam pencurian kereta Vixion milik Johanes Sitepu warga Jl. Pamah Gg. Sandimin, Kelurahan Delitua Barat (Kecamatan Delitua), mobil Cold 120 SS BK 8673 BJ milik Herdin Saragih warga Jl. Keruntung No. 117 Kelurahan Sidorejo (Medan Tembung) yang dilaporkan hilang [Jumat 28 November 2014: sekira 06.00 wib] ketika diparkir di depan rumahnya. Korban melaporkan peristiwa itu ke Polresta Medan.

Selain itu, para tersangka juga terlibat pencurian kereta Yamaha Mio BK 4762 ADW milik Irma Gusti Ayu warga Asraman Yon Kavaleri yang dilaporkan hilang pada Senin [9/2: sekitar 15.30 wib] ketika diparkir di depan toko Indomaret Jl. Sunggal. Korban telah membuat laporan ke Polsek Sunggal.


[one_fourth]curas dengan modus mengaku anggota Polisi[/one_fourth]

Tidak hanya melakukan curanmor. Sindikat ini adalah pelaku curas dengan modus mengaku anggota Polisi dimana dari hasil interogasi terhadap Mangar Ginting menerangkan bahwa kelompok mereka melakukan pencurian terhadap 1 mobil L300 BL 8372 DD pada hari Jumat [27/2: sekitar 19.00 wib] di Desa Sayum Sabah, Sembahe (Kecamatan Sibolangit). Korban Abdul Karim (55) warga Desa Sinebuh Tepin, Dusun Makmur (Kecamatan Peurlak Timur, Kabutaen Pidi Aceh) telah membuat laporannya ke Polsek Pancurbatu.

“Setiap beraksi, biasanya kelompok perampok ini mengendarai mobil Avanza hitam,” jelasnya.

Terhadap sindikat ini masih dilakukan pemeriksaan dan pengembangan karena telah teridentifikasi kalau kelompok Roi Tarigan CS juga yang melakukan pencurian Honda Vario dan Perkosaan seorang gadis remaja MK (16) warga Jl. Pertahanan Patumbak, saat bersama pacarnya bernama Rendy Irawan (22) melintas di Desa Penampungan (Kecamatan Namorambe) [Rabu 25/2: sekira 02.00 wib] dan telah ditangani Polsek Namorambe.


Leave a Reply