HMKI dan Pemkab Karo untuk E-Government

1
194

hmkingguntur purbaNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Bupati Karo yang diwakili oleh Sekdakab Karo dr. Saberina MARS meresmikan kegiatan Focus Discussion Group di Aula Kantor Bupati Karo [Sabtu 14/3].  Kegiatan ini diprakarsai oleh DPP HMKI (Himpunan Masyarakat Karo Indonesia) dalam rangka meningkatkan layanan publik di Kabupaten Karo melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekdakab Karo dr. Saberina MARS, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH menyampaikan terimakasih atas inisiatif HMKI Pusat mengadakan kegiatan ini.

Tujuan kegiatan ini adalah, antara lain, meningkatkan kompetensi guru-guru serta peningkatan teknologi informasi dan komunikasi secara umum di Kabupaten Karo. Tujuan ini terkait dengan mengingat semakin berkembangnya teknologi canggih yang dapat diakses dimana saja dan oleh siapa saja sehingga banyak kemudahan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Melalui internet, bisa didapat banyak informasi dan pendidikan.


[one_fourth]membantu pekerjaan pemerin-tahan[/one_fourth]

Para siswa dapat terbantu oleh internet dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah. Selain itu, internet membantu pekerjaan pemerintahan dalam menggunakan informasi dan teknologi serta pengembangannya.

“Apalagi ke depannya, untuk pelayanan ke masyarakat, diperlukan sebuah sistem berbasis teknologi,” kata bupati sebagaimana dibacakan oleh Sekdakab.

Bupati Karo juga meminta kepada para nara sumber dari Kementerian Kominfo untuk menyampaikan usulnya ke Menteri Kominfo di Jakarta agar mendatangkan tim teknisi ke Kabupaten Karo untuk menata jaringan di Pemkab Karo.

“Ini khususnya diperlukan untuk jaringan Simda Keuangan, e-KTP, dan e-audit yang bekerjasama dengan BPKP Provinsi Sumut dan jaringan lainnya,” kata Terkelin.

Bupati juga mengajak Stasiun TV swasta membangun tower relay di Kabupaten Karo sehingga siaran dapat diterima tanpa parabola. Kepada HMKI Pusat, Terkelin memohon untuk membangun sekolah Politeknik berbasis Teknologi Informatika di Kabupaten Karo.


[one_fourth]menciptakan good governance melalui pemanfa-atan TIK[/one_fourth]

Dr. Alexander Barus sebagai perwakilan HMKI Pusat dalam sambutannya menyatakan, program HMKI Pusat yang dibuka hari ini bertujuan menyusun rancangan IT Program Daerah Kabupaten Karo yang sejalan dengan program Pemerintah Pusat, yaitu menciptakan good governance melalui pemanfaatan TIK di Kabupaten Karo.

HMKI telah mengadakan seleksi peningkatan kompetensi guru-guru Bahasa Inggris, Matematika, dan Fisika untuk guru-guru SMA. 75 peserta terbaik akan mengikuti pelatihan dengan tujuan agar para guru di Kabupaten Karo dapat bersaing di tingkat nasional.


[one_fourth]Transparansi dan akuntabilitas harus dikedepan-kan[/one_fourth]

Ke depannya, HMKI akan membangun sekolah unggulan di Kabupaten Karo dan berusaha membantu pemerintah Kabupaten Karo agar terbentuk pemerintah daerah yang berdaya saing tinggi dan bebas korupsi melalui e-goverment. Transparansi dan akuntabilitas harus dikedepankan agar pelayanan masyarakat menjadi pelayanan prima.

Alexander juga menyinggung masalah pengungsi yang saat ini sudah hampir 2 tahun terkena erupsi Sinabung agar mulai mandiri dan membangun kehidupan masing-masing.

“Mengingat Sinabung saat ini sudah bergejolak selama 2 tahun, para pengungsi sebaiknya tidak menggantungkan nasib lagi kepada orang lain. Harus mampu menentukan nasib sendiri sehingga Karo kembali naik ke pentas nasional yang pantas,” ujar Alexander.

Sebelum memulai pertemuan, dilakukan pemberian miniatur rumah adat Karo narasumber dan Dr. Alexander Barus dari Pemkab Karo yang diwakili oleh Sekdakab Karo didampingi Kadis Kominfo dan PDE Kabupaten Karo drs. Agustin MSi kepada narasumber dan Dr. Alexander Barus.

Adapun narasumber dalam pertemuan tersebut adalah: 1. Deputi Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material Kementrian BPPT (Dr. Ir. Hammam Riza MSc), Direktur E-Government Kementrian Komunikasi dan Informasi (Ir. Firmansyah Lubis MIT) dan Asessor Pemeringkatan E-Government Seluruh Indonesia Kementrian Komunikasi dan Informasi (Dr. Teddy Sukardi).

Para peserta pertemuan berasal dari seluruh SKPD di Kabupaten Karo, guru sekolah, pelajar dan undangan lainnya.


1 COMMENT

  1. Inisiatif yang sangat bagus. Satu permulaan yang sangat aktual, menggunakan dan memanfaatkan IT dalam era keterbukaan dan transparansi. Memperluas dan memperdalam arti praktis dari keterbukaan dan era keterbukaan. Ini sepertinya pemikiran baru, karena itu rintangan pasti banyak. Dan itu pula indahnya, tanpa rintangan kwalitasnya akan rendah. Lewat e-government, semua akan ikut kasih pikiran, semua akan ikut berkreasi, semua akan ikut berkembang. Ini akan menjadi trobosan luar biasa.

    MUG

Leave a Reply