KBK ITB dengan Para Guru Besar USU Merevitalisasi Pendidikan Karo

1
232

kbk itb 4alexander firdaustALEXANDER FIRDAUST & RIMANTHA GINTING. MEDAN. KBK ITB (Keluarga Besar Karo Institut Teknologi Bandung) terus bergerak membenahi Karo setelah berjalan dengan Jambur Erlajar mendidik siswa/siswi Karo di Kabupaten Karo menghadapi Ujian masuk PTN terbaik di Indonesia. Kali ini, KBK ITB yang diwakili Ketua KBK ITB Chapter Medan Ir. Anthony Pencawan, Ir Antony Sembiring, Ir Boy Brahmana MSc dkk mulai melakukan sinergi dengan beberapa guru besar Karo di USU untuk membenahi kualitas pendidikan di Karo.

Pertemuan berlangsung di Kampus USU, dihadiri oleh Prof. Dr. Meneth Ginting MADE, Prof. Dr. Paham Ginting, Prof. Dr. Runtung Sitepu,  Prof. Dr. Budiman Ginting dan Prof. Dr. Merdang Sembiring.

Dalam pertemuan tersebut, KBK ITB memaparkan program-program pendidikan yang sedang berjalan dan yang akan dijalankan. KBK ITB melihat dengan kemampuan dan keterbatasan yang mereka miliki serta posisi KBK ITB yang bukan pemerintah.

“Karena itu, ada hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh KBK ITB,” kata Ketua KBK ITB Arya Sinulingga.

KBK ITB jiga mengingatkan permasalahan pendidikan di Karo sudah menjadi permasalahan yang harus segera dicarikan solusinya. Inipun tidak bisa dilakukan sendirian oleh KBK ITB.

“Perlu dilakukan sinergi dengan berbagai pihak dan salah satu pihak yang dilihat sangat penting posisinya karena kedekatan geografis dan kontribusinya adalah para guru besar orang Karo yang ada di USU,” kata Arya lagi.

Para guru besar USU, seperti halnya Prof. Meneth Ginting dan Prof. Merdang Sembiring, melihat begitu besar permasalahan kualitas pendidikan di Karo yang menyebabkan terjadinya penurunan kualitas pendidikan.

“Ini sudah sangat memprihatinkan. Mau tidak mau harus dicari akar permasalahannya dan harus ada langkah-langkah praktis yang dilakukan supaya keadaan Karo tidak semakin terpuruk dan nantinya semakin jauh dari daerah-daerah lain ketertinggalannya,” himbau Arya Sinulingga.


[one_fourth]berbeda dengan kondisi masyarakat Karo dahulu[/one_fourth]

Para guru besar melihat tingkat partisipasi pendidikan masyarakat juga semakin menurun. Sangat berbeda dengan kondisi masyarakat Karo dahulu yang begitu gigih menyekolahkan anaknya ke Perguruan Tinggi. Para guru besar sepakat perlunya membangun kesadaran masyarakat terkait pendidikan ini.

Hasil pertemuan antara KBK ITB dan para guru besar Karo dari USU ini menghasilkan keinginan bersama untuk, dalam waktu dekat, membuat suatu acara diskusi panel. Diskusi ini akan dihadiri berbagai elemen masyarakat sehingga dapat mendorong kesadaran dari masyarakat dan pengembangan kebijakan memajukan pendidikan oleh pemerintah serta partisipasi dunia bisnis.

“Acara ini akan digelar di Berastagi menghadirkan pemerintah, anggota parlemen, tokoh masyarakat, tokoh pendidikan, pengusaha dan pemerhati masalah pendidikan. Diharapkan dari acara ini akan ada sebuah masterplan bagi revitalisasi pendidikan di Karo,” tutur Arya Sinulingga kepada Sora Sirulo.

Selanjutnya Arya Sinulingga menjelaskan kepada Sora Sirulo bahwa KBK ITB tidak membatasi diri pada upaya revitalisasi pendidikan.


[one_fourth]April kita akan membuka grand scenario [/one_fourth]

“Banyak program lain yang kita lakukan dengan memainkan jaringan kita untuk membuka pintu-pintu yang selama ini tertutup. Kita juga akan masuk ke industri kreatif dan budaya. Ada beberapa program yang akan kita buat. Bersama para guru besar, di bulan April kita akan membuka grand scenario kita dan, di bulan Juni, kita akan serahkan konsep master plan pembangunan Karo dalam acara yang khusus kita buat untuk semua calon bupati. Kita persilahkan kepada mereka semua untuk memakainya,” papar Arya Sinulingga mengakhiri.


1 COMMENT

  1. Inisiatif, sinergi kekuatan antara Karo ITB dan Karo USU satu trobosan yang akan banyak menentukan perkembangan pendidikan Karo dan yang pada gilirannya akan menentukan perubahan dan perkembangan Karo.
    Yang mengetahui, bikin analisa. Yang mengetahui bikin solusi. Yang mengetahui bikin sinergi, yang mengetahui bikin feedback sesama Karo.
    Yang mengetahui meluaskan dan menyebarkan pengetahuannya.

    MUG

Leave a Reply