Pengungsi Sinabung Asal 2 Desa Siap Pulang

0
275

ngguntur purbapengungsi 6NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Sehari setelah berunjuk rasa ke Kantor DPRD Kabupaten Karo [Senin 16/3], hari ini [Selasa 17/3], para pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung asal Sukananalu dan Singgarang-garang (Kecamatan Namanteran] diberikan Bantuan Jaminan Hidup 3 juta rupiah sebelum dipulangkan ke kampung halamannya.

795 Kepala Keluarga (KK) pengungsi dari kedua desa itu akan dipulangkan setelah diberikan Bantuan Jaminan Hidup dan Padat Karya. Antrian panjang terlihat di posko pengungsi Gedung KNPI dan GBKP Kabanjahe, tempat penyaluran Bantuan Jaminan Hidup para pengungsi untuk bekal mereka di kampung halaman.

Dibantu petugas BPBD, Bank BRI dan Satgas TNI-POLRI, para pengungsi menerima Bantuan Jaminan Hidup sejumlah 3 juta rupiah untuk dimasukkan ke rekening masing masing pengungsi. Selain 3 juta rupiah para pengungsi juga menerima bantuan beras sejumlah 4 ons per jiwa per hari selama sebulan.


[one_fourth]berharap pemerintah tidak melepas mereka begitu saja[/one_fourth]

Kini, para pengungsi asal Sukanalu dan Singgarang-garang dapat bernafas lega dan berterimakasih atas bantuan yang diberikan pemerintah. Walau tidak sepenuhnya dapat mengembalikan atau untuk perbaikan lahan, namun Bantuan Jaminan Hidup ini dapat dipergunakan untuk modal awal di kampung halaman. Para pengungsi berharap pemerintah tidak melepas mereka begitu saja setelah kembali ke desa masing masing.

Di sini lain, Gunung Sinabung masih beraktivitas tinggi. Kondisi desa yang tertutup abu vulkanik mengakibatkan warga lereng Gunung Ginabung masih membutuhkan bantuan guna perbaikan ekonomi yang terpuruk sejak setahun terakhir.

Armada Satgas TNI-POLRI dan BPBD Pemkab Karo telah dipersiapkan untuk pemulangan pengungsi. Setelah seluruh 795 keluarga atau 7445 jiwa warga Sukanalu dan Sigarang-garang menerima Bantuan Jaminan Hidup, mereka akan dipulangkan ke desanya masing masing.


Leave a Reply