Pengungsi Sinabung Unjuk Rasa Kemarin

0
224

demongguntur purbaNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Ratusan pengungsi Sinabung asal Sukanalu dan Singgarang-garang (Kecamatan Namanteran) berunjuk rasa ke Kantor DPRD karena menolak dipulangkan sedangkan janji mendapatkan dana Jaminan Hidup (Jadup) dan Bantuan Padat Karya tak kunjung direalisaskan.

Rencananya, kemarin [Senin 17/3] para pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung asal kedua desa itu telah dipulangkan. Namun, mereka menolak untuk dipulangkan karena belum ada kepastian bantuan jaminan hidup dan padat karya. Sejak Pkl. 08.00 Wib kemarin itu mereka melakukan aksi unjuk rasa ke Kantor DPRD Kabupaten Karo Jl. Veteran (Kabanjahe).

795 kepala keluarga atau 2441 jiwa pengungsi kecewa terhadap pihak BPBD Karo yang hanya melayangkan janji-janji akan memberikan bantuan beras 4 ons per jiwa untuk sebulan dan uang Rp. 3 juta untuk bantuan padat karya yang diberikan dalam 3 tahap. Namun, hingga kemarin, bantuan tak kunjung terealisasi.

Sementara itu BPBD Karo berencana segera akan menutup posko pengungsian dan memulangkan para pengungsi. Untuk itu, para pengungsi mendatangi DPRD Kabupaten Karo mengadukan nasib mereka.

Para pengungsi juga sempat kecewa dengan para wakil rakyat yang belum berada di kantor hingga Pkl. 10.30 wib. Padahal, mereka diharapkan dapat memberikan solusi terkait pemulangan serta pengolahan lahan pertanian dan kelangsungan kehidupan mereka di kampung halaman nantinya.


Leave a Reply