Kolom M.U. Ginting: Dari Pelengseran Presiden ke KBB

0
131
revolusi kbb
Sanggar Seni Sirulo

M.U. GintingBerita tentang pelengseran Jokowi adalah rekaman pendapat seorang Ketua DPP Gerindra. Analisa sang Ketua DPP ini tentu bisa juga dianalisa oleh orang lain siapapun. Apakah itu bagus atau tidak, positif atau tidak bagi kepentingan bersama negeri ini (kalau kita meninjau dari segi itu). Saya bisa bilang, misalnya, bahwa analisa dia ini sedikit sensasional, mengundang feedback positif maupun negatif, tergantung banyak dari sikap politik tiap orang tentunya.

Jokowi dilengserkan lantas diganti Jusup Kalla (JK) sebagai presiden dan Puan jadi Wakil Presiden. Padahal, dari pengalaman, bisa terlihat bahwa pelengseran seorang presiden seperti Jokowi yang pilihan rakyat secara langsung tidaklah segampang analisa Ketua DPP Gerindra ini.  Secara fomal  butuh mayoritas DPR dan pengesahan dari Mahkamah Konstitusi (MK). Ini tak ada faktanya dalam analisa dia itu.

Selain itu, jutaan atau ratusan juta rakyat di media sosial dan internet yang bakal susah diyakinkan untuk melengserkan Jokowi. Atau, mungkin itu jugalah yang bikin artikel itu menarik untuk disimak, atau bikin FEEDBACK. Di sini, mungkin akan lebih mirip dengan feedback negatif dalam arti korektif atau menentang.


[one_fourth]positif atau negatif diserahkan kepada opini dunia[/one_fourth]

Tidak ada salahnya bikin analisa apa saja sekarang ini dan diumumkan ke seluruh dunia. Jelek atau bagus, positif atau negatif diserahkan kepada opini dunia, pengarang sudah menjalankan tugasnya: bikin pendapat. Dia menunjukkan satu wawasan, dan wawasan akan selalu melahirkan wawasan lain pula yang baru atau lebih baru, yang kemungkinan besar akan lebih baik daripada wawasan sebelumnya.

Cita-cita untuk bikin JK jadi Presiden dan Puan Wkil Presiden memang ada, terutama dari JK dan Puan sendiri hahaha . . . Ini sajapun belum tentu betul atau diamini oleh JK dan Puan. Tetapi, kalau JK dan Puan bikin feedback tentu akan lebih luas lagi pengertian kita soal pendapat ini. Feedback melahirkan feedback baru, wawasan melahirkan wawasan baru.

Di Karo ada pengalaman Revolusi Baru, KBB (Karo Bukan Batak). Ratusan feedback yang lahir dari KBB telah menambah wawasan pembaruan pikiran yang sangat gemilang bagi Karo dan perkembangan Karo. KBB adalah Karo Renesans, revolusi pikiran Karo atau Revolusi Mental Karo mendorong kebangkitan etnis-etnis Sumut dan Indonesia.


Leave a Reply