Lancing Penyegar Tubuh

0
1123

Oleh: Salmen Sembiring (Medan)

 

Salmen 1lancing 2Bulan lalu, seorang teman dari Tigajuhar dan Medan memesan daun lancing untuk obat. “Dari Tigajuhar (Deliserdang) masa meminta obat sesederhana itu sampai ke Karo Gugung?” tanyaku dalam hati.

Lancing merupakan tanaman kayu, namun kayunya begitu lunak. Ia biasanya ditanami di pekarangan, ataupun di peken-peken sekeliling kampung. Sekilas daunnya tampak seperti daun terong-terongan atau tembakau. Namun, manfaatnya tidak diragukan lagi bagi kesehatan kita.


[one_fourth]daun yang masih muda dan sedang[/one_fourth]

Lancing biasanya digunakan untuk obat sakit pinggang (mesui awak), kecapaian (tersiher) atau penyakit otot lainnya.  Ia juga sering digunakan sebagai obat masuk angin yang begitu manjur. Bagian tumbuhan lancing yang digunakan sebagai obat adalah daun yang masih muda dan sedang (tidak muda lagi tapi belum tua).

Cara membuatnya juga gampang. Daun lancing muda atau sedang (usahakan bukan daun yang tua) dipetik beberapa helai. Kemudian dicuci dengan air bersih. Ditumbuk sampai halus, peras sampai didapatkan airnya sekitar setengah gelas sampai satu gelas (200 ml). Tambahkan kuning telur ayam kampung sebagai bahan tambahan. Aduk sampai merata. Minum sekali sehari sampai 3 hari berturut-turut.

Karena ditambah kuning telur ayam kampung maka baik juga untuk pengobatan sakit asam lambung. Rasanya memang cukup pahit seperti rasa jamu kebanyakan.


Leave a Reply