Pijer Podi (3): Praktek

1
232

Oleh: Bastanda P. Sembiring (Medan)

 

pijer 2
Sanggar Seni Sirulo

bastantaSekarang ini, hampir di seluruh wilayah Indonesia dapat ditemukan orang Karo. Bahkan hingga ke luar negeri. Baik yang hidup sendiri-sendiri jauh dari komunitas Karo ataupun yang berkelompok dan membentuk perkumpulan orang Karo. Artinya, orang Karo telah terpencar dari wilayah-wilayah Karo.

Bahkan pada dasarnya, Karo itu sendiri telah terbagi-bagi menurut kelompok wilayah adatnya, dialek dan aksen bahasa, bahkan hingga adat praktisnya. Namun, itu semua bukan jadi masalah selama orang Karo memegang teguh motto pijer podi dalam menjalankan sangkep nggeluh. Dan, itu terbukti.


[one_fourth]hidup dan diikat erat, kokoh, dan indah[/one_fourth]

Untuk itu, tentunya motto pijer podi perlu kembali dihidupkan dan menjadi semboyan hidup bagi semua masyarakat Suku Karo atau yang telah dikarokan. Dengan itu kita hidup dan diikat erat, kokoh, dan indah dalam ikatan persaudaraan Karo yang kita kenal dengan Sangkep Nggeluh Kalak Karo.

Menanggapi hal ini, saya tertarik dengan motto yang dikemukakan Pdt. Edi Suranta Ginting kepada setiap anggota dalam lembaga yang beliau pimpin dengan KKK(3K)-nya. Yakni: 1 Kristus, 2 Karo, dan 3 Kaya.

Dalam hal ini, mengingat masyarakat Karo hidup dalam kepercayaan yang beraneka ragam, maka “K(Kristus)” yang pertama saya ganti dengan kiniteken, dan menambahkan satu “k” lainnya, yakni: keluarga (jabu: kekeluargaan).

Menurut saya, erat dan teguhnya suatu komunitas(-Karo) dapat terjadi apabila didasari pada 4K yang menjadi perayaken (target pencapaian) bersama setiap masyarakatnya, yakni:

Kiniteken (kepercayaan), Kinikaron (tradisi), Keluarga (jabu: kekerabatan/kekeluargaan), dan Kinibayaken (kekayaan). Akan menjadi indah pula jika 4S sebagai pegangan untuk mengukir 4K sebagai perayaken di atas, yakni: Sitandan (saling mengenal/memahamai), Siajar-ajaren (saling mengajari, memperingatkan, berbagi ilmu, dlsb) Sisampat-sampaten (saling membantu), dan Sikeleng-kelengen (saling mengasihi dan menyayangi).

Pertemuan antara 4K dan 4S dalam berperan/menjalankan sangkep nggeluh akan menghasilkan pijer podi (4K+4S= Pijer Podi), yakni: ikatan yang erat, kokoh, dan indah.”

Mejuah-juah.

SELESAI


1 COMMENT

  1. Muat luasna janah muat bagesna kuakap uraian BPS enda soal sangkep nggeluh Karo enda ndai. Ijenda bas kepraktisan 4 K ras 4 S, pedoman praktis tapi lengkap ibas kegeluhen Karo ngepkep perubahan ras perkembangan Karo janah mempertahankan survival Karo. Arapen gelah kerina kita kalak Karo tetap nginget janah mempraktekkan bas kegeluhen praktis sehari-hari. Enda mungkin sebab labo si mesera ndai enda, enggo me malala rusur erdalan bas perukurenta bagepe bas sikapta sehari-hari. Tading ngingetken rusur janah ula pernah ngelupaken. Enda me dalanta sebagai suku, sada kultur tertua i negeri Indonesia enda. enggo berumur 7400 tahun, enggo meganjang filsafatna bagepe dialektikana.

    Enda dalanta gelah banci teridah simantek kota Medan bagepe kekuasaan gelah ula lalap terduruken kalak. Keadilan man Karo, lalit isepe si ngukurisa selain kalak Karo. Kerina kalak Karo terpaksa nge nyumbangken energina bas soal enda. Tiap jelma Karo gelah erbahan sumbangen, pikiran, energi, tulis kai siperlu itulis, kataken si perlu ikataken. La kita ngerana, sideban ngeranaken kita. La kita nulis, sideban ka nuisken tentng kita. Janah enda la tentu bas ukurta atau kai si la bas ukurta enda nge rusur ibahan kalak bas persaingan etnis enda.

    Enggo sibentuk KBB sebagai salah sada alat kompetisi Karo, ngimbangi pembatakan sebagai alat kompetisi bagi orang Batak. Enggo mbue kita singerana soal enda, janah perlu denga terus ngerana gundari pe. Kita ndauh bas kekuasaan nari i Medan bagepe i Sumut, bagepe i daerah ulayat Karo Deliserdang enggo itangan pendatang. Tiap wari daerah enda irusak lingkunganna.Kai ninta, sinik saja la erbahan kaipe? Sideban singerana? Sideban si erbahan? Enda man perukuren generasi muda Karo. Ula sipediat temanta ngenca ngerana, kita sideban sinek saja, la ngerana la nulis, ngarap kerina erdalan mejile. Jika diam saja tak akan ada perubahan.

    MUG

Leave a Reply