4 Nilai Solidaritas Karo

0
236

Oleh: Bastanta P. Sembiring (Medan)

 

bastanta sikelengen 1Pijer podi telah mengajarkan kepada kita (orang Karo) melalui Sangkep Nggeluh yang merupakan pondasi sistem sosial Suku Karo bahwa betapa erat, kokoh dan indahnya persaudaraan Karo. Maka sudah seharusnya orang-orang Karo bersatu.

Untuk itu, dalam menjalankan hubungan antar sesama Karo ataupun untuk membangun solidaritas Karo yang erat, kokoh, dan indah sebagaimana diisyaratkan oleh pijer podi, perlu diperhatikan 4 nilai penting yang perlu dikembangkan dalam menjalankan persaudaraan Karo, yakni: 1. Sitandan, 2. Siajar-ajaren, 3. Sisampat-sampaten, dan 4. Sekeleng-kelengen.

  1. Sitandan Sesama Karo

Sitandan (saling mengenal) bukan hanya sebatas kenal nama, merga, bebere, dan alamat, tetapi lebih mendalam kepada saling mengerti dan memahami. Apakah itu kebutuhan, sifat, perasaan, batasan-batasan, dll agar solidaritas Karo itu dapat berjalan dengan baik.

  1. Siajar-ajaren Sesama Karo

Harus siajar-ajaren (saling mengajari). Mengajari bisa secara harafiah memberi penjelasan akan sesuatu hal, atau lebih luasnya berbagi informasi, pemahaman, saling mengingatkan atau bisa juga teguran, dll.

  1. Sisampat-sampaten Sesama Karo

Dalam suka dan duka sesama Karo harus sisampat-sampaten (saling menolong/ membantu). Lebih luasnya, ini dapat diaplikasikan dalam segala aspek dan bentuk.

  1. Sikeleng-kelengen Sesama Karo

Sitandan (saling mengenal), siajar-ajaren (saling mengajari), dan sisampat-sampaten (saling menolong/ membantu), pada puncak dari semuanya adalah sesama Karo harus sikelng-kelengen (saling mengasihi/ menyayangi). Baik dalam situasi normal ataupun dalam situasi genting, sesama Karo saling memberi dukungan dan saling menjaga. Sehingga terjadi perasaan nyaman yang kemudian dapat meningkatkan kwalitas hidup manusia Karo itu.

Keempat nilai (4S) di atas harus dijalankan dan diterapkan dalam segala interaksi sesama Karo, baik di lingkungan masyarakat, kerja, dunia usaha, dunia politik, militer, pemerintahan, dlsb. agar solidaritas (persaudaraan) Karo dapat berjalan dengan erat, kokoh, dan indah.

Dengan demikianlah kelangsungan dan pertumbuhan manusia Karo dapat dipertahankan dimanapun.

#KEKE (Karo Ersada Karo Ersinalsal). Mejuah-juah!


Leave a Reply