Airbus A320 Terjatuh di Perancis Selatan

0
146
airbus 2
Helikopter telah bersiap-siap bila diperlukan di dekat lokasi kecelakaan.

LORETA KAROSEKALI. AMSTERDAM. Pesawat terbang milik perusahaan penerbangan Germanwings terjatuh di selatan Perancis Selatan dalam penerbangannya dari Barcelona (Spanyol) ke Dusseldorf (Jerman) [Selasa 24/3].

Menurut laporan dari pihak perusahaan Germanwings, terdapat 150 penumpang, termasuk 2 bayi, dan 6 awak pesawat di dalam pesawat.  Tak satupun diantara 150 penumpang yang selamat dari kecelakaan ini.

Belum dapat dipastikan apakah para korban langsung meninggal pada saat pesawat mencapai daratan atau karena terlambatnya pertolongan tiba. Memang sulit mencapai lokasi jatuhnya pesawat sehingga memerlukan waktu beberapa jam bagi tim penolong untuk tiba di sana.

Penerbangan yang terjatuh ini adalah jenis Airbus dengan nomor penerbangan 4U9525. Pesawat seyogyanya, menurut rencana, berangkat  pada Pkl 08:35 GMT dari Barcelona, tapi oleh karena sesuatu hal jadinya berangkat Pkl. 09.00 GMT. Diharapkan tiba Dusseldorf pada Pkl. 10.55. Tapi, pada Pkl. 09.47 GMT, pesawat ini menyuarakan panggilan mayday. Saat itu, pesawat sedang terbang pada ketinggian 5000 kaki. Selanjutnya, pesawat menukik tajam ke permukaan bumi.

airbus
Peta lokasi kecelakaan

Hingga saat berita ini disusun, masih belum diketahui dengan jelas apa penyebab terjadinya kecelakaan. Seorang juru bicara Lufthansa mengatakan di Bandara Dusseldorf, tidak ada bukti terorisme. Dapat ditambahkan bahwa Lufthansa adalah perusahaan induk Germanwings.

Lokasi jatuhnya pesawat Airbus A320 ini adalah Prads-Haute-Bléone, antara Barcelonnette dan Digne-les-Bains di Pegunungan Alpen, Prancis, sekitar 100 kilometer sebelah Utara Nice. Pesawat menghilang dari radar sekitar 10:00 GMT.

Menurut layanan cuaca Perancis, sebagaimana diberitakan oleh Trouw, cuaca dalam keadaan tenang saat kecelakaan terjadi, Namun beberapa jam setelah sekarang diramalkan akan diliputi salju.

“Karena itu, diperlukan waktu beberapa jam untuk layanan darurat bisa tiba di lokasi kecelakaan,” kata Presiden Prancis Francois Hollande.

Berita terakhir yang diterima oleh Sora Sirulo menyatakan adanya 67 warga negara Jerman, 45 warga negara Spanyol dan 1 warga negara Belanda di dalam pesawat.


Leave a Reply