Limbah Wisata di Sibayak

0
174

Oleh: Joppy K. Sinulingga (Medan)

 

sibayak 3JoppyDilihat dari potensi wilayahnya, terdapat dua potensi utama di Kabupaten Karo yang dapat dikembangkan lebih lanjut, yaitu: Pertanian dan Pariwisata.

Kedua potensi ini dapat saling mendungkung untuk peningkatan pendapatan penduduk dan dapat juga menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Karo.

Dalam rangka mendukung potensi ini, sangat dibutuhkan prasarana jalan atau akses menunjang percepatan mobilitas hasil-hasil pertanian. Begitu juga halnya dengan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.


[one_fourth]hanya karena manajemen limbah wisata yang tidak baik[/one_fourth]

Namun begitu. dalam kaitannya dengan wisata Gunung Sibayak (lihat tulisan sebelumnya di sini), janganlah kita membuat potensi wisata Gunung Sibayak menjadi lemah hanya karena manajemen limbah wisata yang tidak baik. Bila kunjungan wisata menurun secara tidak langsung juga akan mengganggu PAD atau sebaliknya. Kebersihan dan keasrian lingkungan adalah aspek penting dalam menarik minat pengunjung ke Gunung Sibayak.

Pemerintah seharusnya cepat merespon hal-hal demikian. Misalnya dengan melakukan pembersihan jalan pendakian secara rutin dan memberikan penyuluhan atau penyadaran agar setiap pengunjung membawa sampahnya pulang.

Jangan hanya mau uangnya tapi tidak peduli dengan limbahnya!


Leave a Reply