Drama Matinya Lampu di Holland Utara

0
151

JUARA R. GINTING. LEIDEN. Kalau di Medan ada peristiwa “mati lampu” pasti sudah dianggap biasa-biasa saja. Soalnya, sejak 10 tahun ini, peristiwa pemutusan aliran listrik secara bergilir maupun akibat kerusakan yang tidak diramalkan sebelumnya sering sekali terjadi di Medan. Tapi, lain sekali halnya dengan Belanda.

 

Situasi para penumpang di Bandara Schiphol saat mati lampu. Sumber: http://www.ad.nl/ad/nl/1012/Nederland/article/detail/3929748/2015/03/27/Grote-stroomstoring-in-Noord-Holland-en-Flevoland.dhtml

 

Sekitar Pkl. 11.00 (waktu Belanda) hari ini [Jumat 27/3], orang-orang di group facebook “Indonesian Living in Holland” tiba-tiba pada ribut mengatakan “mati lampu”. Ada orang yang tidak percaya dan menganggapnya berita hoax. Dapat dimaklumi karena berita mati lampu di Belanda adalah suatu hal yang sangat langka.

Selain langka, mati lampu di Belanda bisa punya effek luas dan berkepanjangan sehingga bisa sangat dramatis. Sebagian besar kereta api di Belanda adalah kereta api listrik.

Sebagaimana diberitakan oleh Nu.nl, peristiwa mati lampu ini terjadi hampir di seluruh Provinsi Noord-Holland dan sebagian di Provinsi Flevoland sejak Pkl. 09.45. Tapi, aliran listrik mulai mengalir lagi pada Pkl. 10. 50. Putusnya aliran listrik diakibatkan oleh terjadinya kerusakan di stasion tegangan tinggi di Kota Diemen (dekat Amsterdam).

Hal paling dramatis terjadi di kereta api. Sebagaimana dituturkan oleh Monita Sunjaya, suaminya menelepon dari sebuah kereta api mengatakan keretanya berhenti di tengah perjalanan karena putusnya aliran listrik. Semua pintu kereta tertutup karena perusahaan kereta api NS menganggap terlalu berbahaya bila penumpang keluar dari gerbong kereta. Pada Pkl. 11.20 suaminya mengirim SMS mengatakan keretanya belum bisa bergerak.

“Barusan suami sms..msh vast (terjebak, red.) di depan tunneltrein schipol (terowongan Bandara Schiphol, red.),” katanya di Group facebook Indonesian Living in Holland.

Lain lagi dengan kisah Telmy-Liem Mangundap.

“Di Oostzaan aman terkendali, tp ada klant suamiku batal dtg dari Almere krn Trein gak jalan Akibat stroomstoring. . Status temanku di central hoofddoorp jg mengalami gangguan listrik,” katanya.

Sekitar Pkl. 11.33, Monita Sunjaya menulis lagi mengatakan kereta suaminya telah berjalan.

“Eindelijk treinnya di tarik locomotief menuju Lelielaan Amsterdam,” katanya yang maksudnya kira-kira: “Akhirnya treinnya ditarik sebuah lokomotif menuju Lelielaan Amsterdam.”

Akan tetapi, tiba-tiba saja seseorang menyanggah kalau permasalahan sudah selesai.

“Di TV RTL news masih heboh.. kereta masih vast (tak bergerak) bener itu mba Monita Sunjaya” kata Yudith L V Souisa.


Leave a Reply