Kolom M.U. Ginting: Jonru dan Karo Modern

0
287
jonru
Lokasi: Sanggar Seni Sirulo. Model: Jimmy Andriko Sebayang. Jimmy adalah perkulcapi Sanggar Seni Sirulo yang berasal dari kampung yang sama dengan Jonru Ginting, yaitu Kidupen (Kecamatan Juhar, DATARAN TINGGI KARO)

M.U. GintingJonru sepertinya sudah kapok atau tobat? Tadinya pengeritik keras bagi Jokowi, sekarang jadi memuji Jokowi dengan nada tegas dan tak merendahkan. Jonru ada kemiripan dengan Ahok, berterus terang dan juga ada blak-blakannya. Jonru bisa dimasukkan ke dalam daftar orang Karo yang telah memodernkan diri, terus terang dan blak-blakan.

Sifat orang Karo pada umumnya dari sejak dahulu kala ialah terbalik dengan sifat-sifat Jonru, karena hidup alamiah Karo dan introversinya. Karena itu, jarang orang Karo jadi terkenal karena sifat-sifatnya dan sikapnya, ketegasan dan keterusterangan. Dia tidak mungkin menanjak jadi terkenal kalau menirukan sifat basis orang Karo.

Orang Karo bilang “ula sipanjang punjuten”. Artinya, jangan cekcok atau adu mulut, tak berargumentasi, yang orang Karo anggap pekerjaan sia-sia saja. Tetapi, belakangan muncul cara pikir baru orang Karo, “marilah sipanjang punjuten” atau “mari kita berdebat dan berargumentasi mencari kebenaran”. Ini sesuai juga dengan pepatah Karo yang lebih modern yaitu “caing-caingi muat jilena” yang artinya, seperti orang menjahit baju, “kain disobek-sobek (digunting) terlebih dahulu untuk kemudian dijahit menjadi pakaian yang bagus”.


[one_fourth]menyaksikan hasil akhir dalam proses perjuangan pemikiran Karo[/one_fourth]

Dua pemikiran Karo yang saling bertentangan ini sedang dalam proses perjuangan yang sangat dahsyat dalam proses perkembangan way of thinking Karo. Kita masih akan menyaksikan hasil akhir dalam proses perjuangan pemikiran Karo ini, mana yang akan menang dan berdominasi dalam waktu yang dekat ini dalam proses tesis-antitesi-syntesis Hegel atau ‘seh sura-sura tangkel sinanggel‘ dalam dialektika Karo.

jonru 2Saya katakan dalam waktu yang dekat karena perubahan dunia sangat cepat, termasuk perubahan way of thinking Karo sangat cepat. Banyak orang Karo yang terkejut melihat perkembangan dunia, tetapi banyak juga yang sangat lihai mengikuti perkembangan ini dengan bisa memanfaatkannya. Yang tak bisa mengikuti kelihatan semakin jauh dari keramaian, tak muncul lagi. Tetapi, di sini, juga berlaku tesis-antitesis-syntesis. Orang ini bisa muncul lagi kembali dan menjadi lebih kuat atau dengan kwalitas lebih tinggi dalam bahasa dialektikanya.


[one_fourth]terus terang dan blak-blakan karena membuka kebusukan[/one_fourth]

Orang Karo sekarang banyak yang menganjurkan agar menirukan Ahok dalam menghadapi kancah politik dan perpolitikan yang serba busuk sekarang. Sifat dan sikap yang terus terang dan blak-blakan karena membuka kebusukan dan mempertahankan kebenaran, kejujuran dan keadilan. Banyak manfaat dan keuntungan praktis akan tercapai oleh orang Karo kalau mengubah sifat dan sikapnya yang selama ini diam saja sehingga tanahnya banyak dikerubuti dan dirusak oleh orang lain, seperti di Deliserdang. Atau nama Guru Patimpus pun tak dikenal orang, atau orang tak mau kenal, padahal pendiri kota Medan.

Orang Karo merindukan sosok demikian, Jonru sudah ada contohnya. Karo membutuhkan banyak Jonru yang berwatak terus terang dan berani mempertahankan kebenaran dan keadilan serta mengaku salah minta maaf secara terus terang pula kalau memang bersalah.


Leave a Reply