Kemesraan antara Israel dengan Arab Saudi

0
291

Oleh: Daud S. Sitepu (Papua)

 

daud  sitepuisral-arab 2Rahasia militer dan kerjasama militer suatu negara jarang sekali diungkap ke publik. Apalagi mengenai hubungan mesra seperti ini, antara Israel dan Arab Saudi.

Namun demikian, bisa saja telah terjadi sejak lama tanpa diketahui negara-negara tetangga sekitarnya, tiba-tiba saja muncul ke permukaan kerjasama antara Israel dan Arab Saudi dalam melakukan penyerangan terhadap musuh bersama mereka.

Israel, kita ketahui mempunyai kemampuan persenjataan yang hebat, baik di darat maupun di laut dan udara. Ditambah pula dengan peralatan komunikasi atau teknologi satelit yang luar biasa, yang dapat memonitor lokasi-lokasi strategis pertahanan dan persenjataan musuh.

Jelas saja, jika dipadukan kekuatannya dengan Arab Saudi, Israel menjadi jauh tambah kuat. Yang dikhawatirkan adalah jika negara-negara Timur Tengah bergejolak terus seperti yang sedang terjadi saat ini. Bisa jadi akan berdampak besar terhadap Negara Israel.

Sebagai antisipasi pertahanan, bisa jadi, ini merupakan kesempatan dan langkah pencegahan. Semoga saja tidak semakin meluas dan semoga saja terjalin perdamaian di Timur Tengah.


Leave a Reply