Sinabung Muntahkan Lahar Pijar dan Awan Panas Tadi Malam

0
209

mimi 1MIMA BR GINTING. TIGAPANCUR. Gunung Sinabung mengalami erupsi tadi malam [Kamis 2/4]. Terlihat lahar pijar mengalir dari kawah gunung sejak Pkl. 19.00 diiringi hujan lumpur dari langit dan awan panas dari kawah gunung.

Hujan lumpur berlangsung sejak Pkl. 19.00 Wib hingga mereda pada Pkl. 22.00 Wib. Meredanya hujan lumpur tidak ada kaitan dengan berhentinya erupsi, tapi karena meredanya hujan. Erupsi Gunung Sinabung masih terus berlangsung hingga saat berita ini dikirim ke redaksi (Jumah 3/4/: Pkl. 00.50). Terasa dari turunnya debu vulkanik dari langit ke bumi. Sejak Pkl. 22.00, aliran lahar pijar memang sudah semakin mereda, tapi hingga sekarang masih terlihat mengalir dari kawah gunung.

Suara gemuruh erupsi gunung hampir bersamaan dengan suara gemuruh dari langit akibat cuaca yang mendung setelah hujan reda sejak Pkl. 22.00. Namun, masih dapat dibedakan mana suara gemuruh erupsi gunung dan mana suara gemuruh dari langit.

Demikian juga halnya dengan kilat yang sambar menyambar yang sebagian datang dari kawah gunung dan sebagian lainnya dari langit.

Keadaan yang gelap tidak memungkinkan membuat foto.


Leave a Reply