Debu Vulkanik Sinabung Ganggu Ibadah Paskah

0
250

Ngguntur Profilsinabung 2NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Aktifitas Gunung Sinabung yang masih mengalami peningkatan mengakibatkan masih sering terjadinya gempa guguran yang membawa material debu vulkanik. Akibatnya, warga di sejumlah kecamatan tergaggu saat akan menjalankan ibadah Paskah hari ini [Jumat 3/4].

Beberapa kecamatan di Dataran Tinggi Karo (Karo Gugung) diguyur hujan debu yang cukup tebal kemarin malam [Kamis 2/4], yaitu: Kecamatan Payung, Kecamatan Simpangempat, dan Kecamatan Kabanjahe.

Selain mengganggu warga untuk beribadah Paskah hari ini, hujan debu membuat banyak warga tidak bisa beraktifitas sama sekali di luar rumah. Sebagian lebih memilih tetap berada di dalam rumah. Tebalnya debu yang menguyur mengharuskan warga mengenakan masker bila memang harus keluar rumah.


[one_fourth]Ancaman awan panas masih rawan[/one_fourth]

Menurut pengamatan pihak Posko pengamatan PVMBG, aktifitas Gunung Sinabung saat ini [Jumat 3/4] masih menujukan peningkatan. Ancaman awan panas masih rawan terjadi di karenakan tingkat kegempaan tremor yang masih terus menerus berlangsung hingga saat berita ini dikirim ke redaksi [Pkl. 14.30 Wib].

PVMBG memang belum menaikan status Gunung Sinabung hingga saat ini meskipun aktifitas gunung masih mengalami peningkatan kegempaan teremor pada Kamis malam kemarin. Diingatkan agar warga yang berada di lereng Gunung Sinabung tetap waspada karena ancaman erupsi besar dari Gunung Sinabung masih bapat terjadi kapan saja.


Leave a Reply