Peringatan Keras PVMBG: Awas Zona Awan Panas Sinabung!

0
190

Ngguntur Profilsinabung 4NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Ancaman awan panas Gunung Sinabung masih terus terjadi. Saat ini [Jumat 3/4], luncuran awan panas terlihat mulai meluas ke Dusun Sibintun, Desa Berastepu (Kecamatan Simpangempat) yang berjarak kurang lebih 4,5 kilometer dari kawah Gunung Sinabung.

Minimnya penjagaan membuat warga banyak memasuki zona bahaya itu.

Saat ini, luncuran awan panas Gunung Sinabung kembali mengalalami jarak luncur yang cukup meluas. Awan panas Sinabung saat ini sudah mulai mengarah ke Sibintun, yang selama ini belum pernah terkena dampak awan panas sebelum erupsi kemarin itu [Kamis 2/4].

Terlihat hasil sengatan awan panas telah mempengaruhi lahan pertanian warga serta menyapu sejumlah rumah warga di desa yang berjarak kurang lebih 4,5 km dari Gunung Sinabung. Padahal, penjagaan sangat minim dan dapat dikatakan tidak ada sehingga warga banyak memasuki kawasan zona bahaya yang sudah ditetapkan oleh PVMBG.


[one_fourth]letak bahaya atas kelalaian seperti ini[/one_fourth]

Banyak pula warga yang berkunjung ke Sibintun untuk melihat kondisi dusun itu setelah diterpa luncuran awan panas kemarin. Kalau kemarin sudah terlanda awan panas, apakah tidak ada kemungkinan hari ini atau kapan saja bisa terulang lagi? Di sinilah letak bahaya atas kelalaian seperti ini.

Masih tingginya aktifitas Gunung Sinabung pada kegempaan tremor dan hybrid diperkirakan dapat kembali terkjadinya luncuran awan panas seperti kemarin. Pihak PVMBG memperingatkan keras agar warga jangan memasuki zona bahaya untuk mencegah jatuhmnya kembali korban akibat awan panas Sinabung.


Leave a Reply