Sinabung Tetap Belum Aman

0
153
sinabung 1
Sinabung pagi ini [Jumat 3/4]. Dijepret dari Perjuman Kuta Jeraya (Kecamatan Simpangempat)
Sinabung pagi ini [Jumat 3/4]. Dijepret dari Perjuman Kuta Jeraya (Kecamatan Simpangempat)

Ngguntur ProfilNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Terkait erupsi Gunung Sinabung kemarin [Kamis 3/4], Posko Pengamatan Gunung Sinabung (PVMBG) mencatat aktifitas Gunung Sinabung mengalami peningkatan pada gempa tremor dan hybrid dengan luncuran awan panas terjadi hingga mencapai 4,5 kilometer.

Erupsi kemarin itu menurut PVMBG terjadi sejak pagi hari hingga malam. Saat menjelang malam hari, semburan debu vulkanik kembali membumbung tinggi hingga mencapai kolom 5000 meter yang kemudian dibawa oleh angin ke arah Barat dan Barat Laut.


[one_fourth]tingkat kegempaan mencapai 48 gempa guguran[/one_fourth]

Selain itu, luncuran awan panas juga kembali mendominasi pada peningkatan antifitas Gunung Sinabung pada Kamis Malam. Saat itu, menurut pengamatan pihak Posko Pengamatan (PVMBG), luncuran awan panas mencapai 45 kilometer. Saat kembali mengalami peningkatan ini, tingkat kegempaan mencapai 48 gempa guguran. Kegempaan tremor terus menerus memicu terjadinya guguran dan luncuran awan panas Gunung Sinabung.

Pihak PVMBG saat ini masih terus mencatat adanya peningkatan kegempaan yang masih tinggi pada Gunung Sinabung saat ini. Hal ini menunjukan masih adanya potensi erupsi yang masih akan terjadi dalam waktu yang tidak bisa ditentukan. Oleh karena itu, PVMBG menyaranakn warga tetap menghindari zona merah yang sudah ditetapkan oleh pihak PVMBG.


Leave a Reply