2 Ribu Pendaki Gunung Ijen Hari ini

0
281

Ijen 1

 

ita-13.jpgITA APULINA TARIGAN. BANYUWANGI. Ada sekitar 2 ribu pendaki pagi ini, demikian dikatakan oleh penjaga loket Gunung Ijen ketika Sora Sirulo menanyakan kepastian berapa jumlah orang yang mendaki Gunung Ijen (Banyuwangi) ini [Minggu 5/4].

Saat tiba di puncak, Sora Sirulo memang melihat ramai sekali orang yang ingin menikmati terbitnya sang mentari (sunrise). Kebanyakan pendaki datang dari Yogyakarta, Malang, Surabaya dan beberapa daerah lain di Jawa Timur.

Sora Sirulo juga bertemu dengan beberapa pendaki yang datang dari Jakarta. Oh, ya, wisatawan mancanegara dari Eropah, Amerika dan Australia juga banyak sekali terlihat di puncak gunung ini.


[one_fourth]mengalir lava berwarna biru[/one_fourth]

Selain untuk menikmati terbitnya sang mentari, pesona lain dari Gunung Ijen adalah Si Pijar Biru (blue fire). Dari kawahnya mengalir lava berwarna biru yang sesungguhnya adalah belerang yang mencair. Selain Si Pijar Biru, ada juga air panas yang mengalir dari puncak. Tim pendakian Sora Sirulo menyempatkan diri untuk menikmati mandi air panas ketika tiba di kaki gunung sepulang pendakian.

Ijen 2
Saat menuruni Puncak Ijen

Jalan pendakian setapak sangat dirawat sehingga terasa aman dan tidak perlu takut untuk mendaki gunung ini. Tapi, sayangnya, wisatawan dalam negeri sangat ceroboh buang sampah. Di mana-mana sepanjang jalan terlihat ceceran sampah dari para pendaki.

Satu dua pendaki memang tampak turun dari puncak dengan menenteng kantongan plastic membawa pulang sampah mereka. Namun, sebagian besar membuang sampah di sepanjang jalan dan juga di puncak sekitar kawah Ijen.


Leave a Reply