HUT XX GBKP Klasis Berastagi

0
237

foto nggunturklasis berastagiNGGUNTUR PURBA. BERASTAGI. Ribuan umat menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-XX GBKP Klasis Berastagi bertempat di Jambur GBKP Jl. Udara, Berastagi [Sabtu 4/4].

Hadir diacara tersebut Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Kapolres Tanah Karo Viktor Togi Tambunan didampingi Kapolsek Berastagi dan Kasat Binmas, anggota DPRD Kabupaten Karo, Ketua Klasis Berastagi Pdt. Satria Sembiring, Pt. Benyamin Pinem dan Pengurus GBKP Klasis Berastagi.

Adapun tema perayaan ini adalah: “Pujilah Tuhan Erkiteken Perbahanenna.” Acara diawali Ibadah Bersama dipimpin oleh Pdt. Sadakata Ginting. Dalam khotbahnya, pendeta ini mengupas tentang Gunung Sion, tempat Abraham mempersembahkan anaknya Ishak. Sion yang artinya ibu atau nande dalam bahasa Karo yang di GBKP membuat perkumpulan spiritual bernama Moria.

[one_fourth]

“Moria bukanlah perkumpulan yang terbatas untuk perempuan yang sudah kawin, tetapi juga untuk yang belum kawin namun sudah berusia 25 tahun ditambah dia memang bersedia menjadi anggota Moria,” terang Pdt. Sada Kata Ginting.

[/one_fourth]

Deleng Sion dan Deleng Moria mempunyai pengertian yang merujuk kepada seorang ibu yang baik, tambahnya.

Pdt. Sadakata Ginting mengajak menggunakan serta membudayakan istilah Nande sebagai sebutan kita terhadap orangtua perempuan layaknya adat dan budaya Karo.

”Jadilah Nande yang baik, berbudi, dan disenangi dengan harapan agar kiranya Bapak yang selama ini lebih betah di kedai kopi akan menjadi Bapak-bapak yang betah di rumah,” ujar Sadakata.

Acara HUT yang dipandu oleh personil Cot Dogol dilanjutkan dengan prosesi peniupan lilin oleh BP Klasis Berastagi bersama Bupati Karo, Kapolres dan anggota DPRD, berikut BP Runggun dari lingkungan klasisnya masing-masing. Usai peniupan lilin, acara dilanjutkan dengan pembagian kue kepada seluruh yang mewakili undangan.


Leave a Reply