Kolom M.U. Ginting: BUKAN JOKOWI

0
326
catur karo
Bermain CATUR KARO.

M.U. Ginting 2Ada suasana diskusi yang nyaman antara DPR RI dan Presiden RI kemarin. Apakah ada pengaruh Revolusi Mental di DPR RI?

Biasanya yang mendominasi ialah pengaruh premanisme seperti yang melibatkan Wakil Ketua Umum Partai Golkar kubu Agung Laksono, Yorrys Raweyai.

Pasalnya, Yorrys sempat mengancam akan memalang ruangan Fraksi Partai Golkar, jika kubu Agung Laksono tidak diberi masuk.

Suasana diskusi/debat memang akan selalu berubah-ubah, dari panas ke dingin atau sebaliknya. Tetapi, dalam perkembangan Revolusi Mental, ada arah tertentu yaitu berpikir. Berpikir semakin ilmiah adalah dasar Revolusi Mental. Bertindak sebagai preman semakin berkurang atau semakin tak mungkin dipertahankan, berkat dan jasa internet yang bisa mencatat dan menilai semua kejadian dan kelakuan.

Ibas kasih pesan ke Jokowi supaya tidak ‘menggolkarkan’ PD. Kontradiksi pro dan kontra Jokowi di semua partai termasuk PD bukanlah buatan Jokowi. Apa yang terjadi di dalam intern partai-partai adalah tanda perubahan dan perkembangan yang sesuai pula dengan tingkat perubahan dan perkembangan suasana politik sekarang di Indonesia maupun seluruh dunia.


[one_fourth]pergolakan di partai-partai adalah letusan kontradiksi[/one_fourth]

Peranan pribadi terutama ketua partainya banyak mempengaruhi, tetapi pergolakan dan perubahan dunia bukan karena kehendak perorangan. Pergolakan di partai-partai adalah letusan kontradiksi yang sudah sempat membesar sebagai akibat dari proses penyesuaian atau ketidaksesuaian dengan perubahan dan perkembangan kesedaran manusia atau perubahan dunia.

Kita selalu bilang kalau yang tak bisa mengikuti akan tersingkir dengan sendirinya.

Partai-partai atau organisasi apa saja selalu mengalami perpecahan atau proses penyesuaian. Di situ ada motor dan ada penghalang. Di tiap partai ada korbannya. Itu juga biasa atau keharusan yang tak terelakkan.

Dari situ partai atau organisasi berubah dan berkembang ke tingkat lebih baru, lebih tinggi. Itulah kita sebut dengan KONTRADIKSI adalah tenaga penggerak perubahan dan perkembangan. Dan, dengan sendirinya, juga KEMAJUAN.


Leave a Reply