Bupati Pantau Keamanan Zona Merah Sinabung

0
271

foto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Mengantisipasi peningkatan aktivitas Gunung Sinabung beberapa hari terakhir, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH berkordinasi dengan Dansatgas Tanggap Bencana Sinabung Dandim 0205/TK Letkol. Inf. Asep Sukarna  melakukan kunjungan ke Desa Berastepu dan beberapa desa lain di sekitarnya untuk memantau kondisi terakhir di lapangan [Senin 6/4: Sore].

Selain memantau kondisi desa, Bupati dan Dansatgas secara langsung mendengar keluh kesah warga akibat peningkatan aktivitas Sinabung. Sesampainya di lokasi, Bupati menyapa satu per satu warga yang berkumpul di lokasi terutama di Sibintun yang beberapa waktu lalu disterilkan akibat semburan awan panas mengarah ke dusen tersebut.

Terkelin mengingatkan warga warga untuk tetap waspada. Penduduk, pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki dan melakukan aktivitas di dalam radius 3 Km dari kawah Sinabung. Juga tidak boleh melakukan aktivitas dalam radius 5 Km di Sektor Selatan hingga Tenggara Gunung Sinabung, yang merupakan bukaan lembah gunung; tempat aliran lava dan awan panas.

[box type=”shadow”]Dusun Sibintun adalah satu dari 7 perkampungan yang masuk dalam Zona Merah. Warga sudah menerima uang untuk sewa rumah sambil menunggu relokasi di Siosar selesai. Tetapi, beberapa diantaranya masih juga mencoba kembali ke desanya.[/box]

“Ini bisa menjadi bencana yang lebih besar karena sampai saat ini Gunung Sinabung masih belum bisa diprediksi.  Untuk itu perlu dipertegas, warga yang masih memilih bertahan di desa dan mengabaikan himbauan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah,” kata Terkelin Brahmana.

Dalam kesempatan itu, Terkelin Brahmana didampingi Dansatgas dan Camat Simpangempat membagi bantuan masker kepada warga desa Tigapancur di loosd desa mereka.


Leave a Reply