Usir Warga dari Zona Bahaya Sinabung 

1
169

foto nggunturNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Untuk mengantisipasi jatuhnya korban akibat luncuran awan panas, kemarin [Selasa 7/4], Pemkab Karo dan TNI melakukan pengusiran paksa semua warga yang nekat memasuki zona bahaya awan panas Gunung Sinabung.

Ancaman awan panas yang terus semakin meluas saat ini sangat berbahaya bagi warga lereng gunung. Untuk mencegah kembali adanya korban, pihak Pemkab Karo dan TNI melakukan sidak di desa-desa yang termasuk ke dalam zona bahaya awan panas.

Dalam sidak yang dipimpin oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Komandan Kodim 0205 Tanah Karo, dilakukan pengusiran paksa terhadap warga yang membandel dan tetap nekat memasuki desa-desa yang termasuk ke dalam zona bahaya.

Para warga desa-desa ini sudah diberi uang kontrakan rumah dan desa-desa ini wajib dikosongkan. Namun, saat ini, masih ada saja warga yang nekat masuk meskipun pintu masuk desa sudah diportal oleh pihak TNI.



[box type=”shadow”]“Kita melakukan sidak dengan tegas agar ada efek jera bagi warga yang nekat masuk ke dalam zona bahaya,” terang Terkelin.[/box]

Sebelumnya, pihak Pemkab Karo dan TNI sering melakukan sosialisasi kepada warga yang desanya masuk zona bahaya agar tidak ada warga yang kembali nekat masuk ke desa mereka.

Pihak TNI sendiri saat ini terus menerus melakukan swipping ke daerah yang masuk  Zona Merah. Namun begitu, masih ada saja warga yang nekat masuk melalui jalan-jalan tikus. Inilah yang mepersulit petugas untuk memantau daerah zona bahaya yang masih kerap didatangi warga.

Pihak Pemkab Karo dan TNI menahan barang-barang bawaan warga yang nekat masuk ke dalam zona bahaya. Ini dimaksudkan untuk memberi efek jerah bagi warga agar tidak lagi mengulangi perbuatannya.


1 COMMENT

  1. Susah memang meninggalkan sepenuhnya tanah kelahiran dan tempat cari makan bagi warga desa. Tetapi secara perlahan dengan adanya rumah tinggal dan mata pencaharian yang lebih baik pastilah berangsur akan meyakinkan penduduk yang rindu kampungnya.
    Sikap tegas pemda dan TNI sangat pada tempatnya untuk jaga keselamatan rakyat.

    MUG

Leave a Reply