Ujian Nasional Berbasis Komputer

0
198
un
Foto: Kemendikbud RI

bastantaBASTANTA P. SEMBIRING. MEDAN. Besok (Senin 13/4), siswa-siswi SMA/ MA/ SMK/ MAK-sederajat di seluruh Indonesia akan menjalani Ujian Nasional (UN), yang sedianya dilaksanakan selama 3 hari, mulai dari Tanggal 13 sampai 15 April 2015.

Ada yang berbeda dari pelaksanaan UN 2015 kali ini dibandingkan dengan UN sebelumnya, seperti yang sebelumnya ramai diberitakan media, yakni ujian akan dilaksanakan berbasis komputer (UBK) ataupun Computer Based Test (CBT).

Dari informasi yang berhasil dihimpun Sora Sirulo melalui akun resminya Kemendikbud RI (@Kemendikbud_RI), pelaksanaan CBT ini hanya berlaku bagi sekolah-sekolah yang telah siap. Siap infrastruktur, guru, teknisi, maupun siswanya; yang telah diverifikasi oleh panitia pusat dan dinilai siap oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan(Kabalitbang) selaku kepanitian UN 2015. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang dilaksanakan seragam, tahun ini tidak. Ini mengingat masih banyak sekolah di daerah yang belum memenuhi kriteria untuk mengadakan UN berbasis komputer.

Hal ini tentunya menjawab banyaknya pertanyaan di masyarakat perihal mekanisme UN 2015.

Soal UN berbasis komputer sendiri dengan UN berbasis kertas tulis berbeda, namun kisi-kisinya sama, bentuk soalnya sama, tingkat kesulitannya sama, macam soalnya sama, dan sama-masa bentuk soal pilihan ganda dan ofline. Jadi tidak membutuhkan koneksi internet.

Selain itu, kelulusan siswa/i yang mengikuti UN 2015, 100% ditentukan oleh sekolah. Dalam hal ini, pihak sekolahlah yang dianggap lebih berkompeten memberi penilaian layak atau tidaknya siswa/i yang telah menempuh pendidikan setidaknya 3 tahun di sekolah tersebut.


Leave a Reply