Mengatasi Kecemasan Ujian

0
123

Oleh: Dr. Lahargo Kembaren SpKJ (psikiater)

Kepala SMF Psikiatri RS. Dr.H.Marzoeki Mahdi Bogor

 

UN 2
Puncak Gunung Ijen (Kabupaten Banyuangi, Jawa Timur) (Foto: Ita Apulina Tarigan.

Lahargo KembarenSaat ini, para pelajar di bangku SMA sedang menghadapi Ujian Nasional (UN) yang akan dilanjutkan oleh pelajar di bangku SMP dan SD di minggu-minggu berikutnya. Meskipun saat ini Ujian Nasional tidak menentukan keseluruhan lulus atau tidaknya siswa tetap saja rasa cemas datang menghampiri.

Kecemasan menghadapi ujian adalah suatu hal yang wajar dan akan berdampak positif bila itu membuat kita mempersiapkan diri dengan lebih baik, belajar lebih giat, mengurangi penggunaan waktu yang tidak perlu dan pada akhirnya memperoleh nilai yang baik.

Pada beberapa orang, kecemasan berlebihan dapat memberikan dampak yang kurang baik, bahkan bisa menyebabkan tidak optimalnya pencapaian nilai pada saat ujian. Kecemasan berlebihan adalah masalah yang harus dikendalikan dan diatasi agar nilai yang baik tetap bisa diraih.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecemasan pada saat menghadapi ujian antara lain adalah :

  • Hadapi ujian dengan percaya diri. Sebelumnya, tentu perlu melakukan persiapan yang baik seperti pengaturan waktu belajar, les, mengikuti try out serta mengurangi waktu bermain, menonton, dan bermain ‘gadget’. Ujian adalah momen untuk menilai kemampuan akademik kita selama ini.
  • Persiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk menghadapi ujian seperti alat tulis, buku teks, catatan, dll.
  • Seimbangkan waktu belajar dan waktu istirahat. Tidur yang cukup penting untuk menjaga konsentrasi dan memori otak terutama sebelum ujian.
  • Hindari pikiran-pikiran negatif yang tidak rasional seperti: “Aku tidak bakal bisa mengerjakannya”, “Aku bakal gagal”, “Bagaimana bila tidak lulus?” Semua pikiran tersebut belum tentu terjadi, jangan terjebak dengan pikiran yang demikian. Tetap berpikir positif, optimis dan berusaha.
  • Makan makanan yang sehat selama persiapan menghadapi ujian. Buah dan sayur diketahui sebagai makanan yang bisa mengurangi stres. Hindari makanan yang bersifat instan, banyak penyedap, pewarna dan pengawet. Hindari juga soft drink dan minuman berenergi karena itu malah membuat fisik menjadi stres sehingga kita tidak bisa mempersiapkan diri dengan baik.

Pada saat mengerjakan ujian, lakukan hal-hal berikut ini agar kita bisa mengerjakannya dengan baik:

  • Baca dahulu soal petunjuk dengan seksama
  • Perhitungkan waktu dalam mengerjakan soal
  • Cari posisi duduk yang nyaman dalam mengerjakannya
  • Apabila ada soal yang sulit, lewati terlebih dahulu dan jangan terlalu lama di satu soal yang sulit dikerjakan
  • Jangan panik ketika ada siswa lain yang sudah mengumpulkan lembar jawabannya, kerjakan semampunya sesuai waktu yang disediakan
  • Periksa kembali lembar jawaban ketika sudah selesai dan masih ada waktu yang tersisa
  • Lakukan relaksasi dengan menarik nafas panjang beberapa kali dan melakukan peregangan saat merasa sedikit tegang akan membantu mengatasi kecemasan

Ujian adalah sesuatu momen yang akan dan harus dihadapi. Dengan melakukan persiapan yang baik dan melakukan beberapa tips di atas maka itu bukanlah sesuatu hal yang menyeramkan. Mengatasi kecemasan saat persiapan dan pelaksanaan ujian akan meningkatkan potensi untuk mendapatkan nilai yang baik.

Selamat Ujian Nasional! Salam sehat jiwa!

Head cover: Lomba Rakit di Danau Lau Kawar (Dataran Tinggi Karo)

Leave a Reply