Pesawat Terbang Dalam Negeri

0
189

Oleh: Daud S. Sitepu (Papua)

 

Dirgantara 2daud  sitepuPadat teknologi padat modal, high technology high return. Pilihan yang tepat untuk menggunakan teknologi penerbangan buatan negara sendiri.

Luar negeri saja pakai buatan negara kita. Sudah selayaknyalah kitapun menggunakan buatan negara sendiri. Apalagi cocok pula dengan kondisi negara kita yang kepulauan dengan ribuan pulau-pulau kecil maupun besar.

[one_fourth]Di Papua, hampir seluruh pulaunya dilayani pesawat terbang[/one_fourth]

Kendaraan yang cukup baik untuk Indonesia adalah pesawat dengan jarak pendek atau menengah untuk antar pulau. Di Papua, misalnya, hampir seluruh pulaunya dilayani pesawat terbang landasan pendek dengan kapasitas muatan penumpang 4 sampai dengan 16 orang atau yang lebih besar lagi dengan muatan 24 orang.

Bagaimana dengan kita di Taneh Karo? Perlu rasanya ada lapangan terbang di Kabanjahe sehingga dapat terbang Kabanjahe–Medan dalam waktu tempuh 30 menit atau 45 menit. Dapat menggunakan pesawat buatan PT Dirgantara Indonesia atau penerbangan antar kabupaten. Karo bisa didarati pesawat terbang sama halnya dengan Papua.

Salut dan perlu terus dikembangkan teknologi dirgantara. Ini akan menjadi peluang bisnis bagi Indonesia dalam jangka panjang.


Leave a Reply