Percy Sledge ‘La Kuarap’ Meninggal Dunia

0
198
la kuarap
Salmen Kembaren saat menyanyikan La Kuarap di kerja tahun Limang

LORETA KAROSEKALI. AMSTERDAM. Masih ingat lagu “La Kuarap” dari Alm. Jusup Sitepu? Alm. Jusup Sitepu menggubah lagu ini dari judul aslinya “Warm and Tender Love” karya Percy Sledge. Hari ini [Selasa 14/4], penyanyi yang namanya mencuat dengan lagu “When a Man Loves a Woman” ini meninggal dunia dalam usia 74, demikian diumumkan oleh BBC.

Percy Sledge menulis sendiri lagu-lagu yang dinyanyikannya. Namanya melambung ke seantero dunia di tahun 1966 terutama lewat lagunya “My Special Prayer”.

Dia tampaknya mendapat tempat khusus di daya cipta penyanyi dan pencipta lagu Karo Jusup Sitepu dengan menggubah lagu Percy Sledge “Warm and Tender Love” ke sebuah lagu Karo yang berjudul “La Kuarap”.

la kuarap 2
Ita Apulina Tarigan saat menyanyikan Warm and Tender Love di kerja tahun Limang

Lagu “La Kuarap” rupanya mendapat kedudukan khusus pula di hati sutradara Sanggar Seni Sirulo, Juara R. Ginting. Dia kemudian mengerahkan kreasinya memasangkan Salmen Kembaren dengan Ita Apulina Tarigan untuk masing-masing menyanyikan di atas pentas “La Kuarap” dan “Warm and Tender Love”. Kedua lagu ini seluruhnya diiringi musik tradisional Karo seperti kulcapi, ketteng-ketteng, gendang, gung dan penganak.

Selamat jalan, Percy Sledge. Secara tidak langsung gejolak senimu telah pernah menggelora di Taneh Karo Simalem.



Leave a Reply