Status Sinabung Belum Turun

0
118

foto nggunturperbajiNGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Tingginya intensitas hujan di puncak Sinabung membuat kembali terjadinya banjir lahar dingin dari gunung ini yang menerjang sejumlah desa di Kecamatan Tigandereket [Senin 13/4: Sore] disertai material batu dan kayu.

Akibatnya, puluhan rumah di sejumlah desa mengalami kerusakan setelah diterjang oleh banjir lahar dingin dari Gunung Sinabung.

Sempat terlihat material lumpur dan batu serta kayu mengalir deras di Sungai Lau Borus (Kecamatan Payung) mengarah ke Kecamatan Tigandereket. Ini sempat membuat warga sekitar desa panik dan takut banjir lahar dingin terus meluas.

Saat banjir lahar terjadi, Muspida Kabupaten Karo langsung turun ke lokasi kejadian di Desa Perbaji yang terkena dampak lahar dingin Gunung Sinabung. TNI dan Pemkab Karo melakukan gotongroyong untuk mencegah semakin banyaknya rumah yang terkena dampak lahar dingin Sinabung.

Menurut PVMBG, Gunung Sinabung sampai hari ini belum menunjukan penurunan aktivitas. Gempa masih terus terjadi, menandakan pembentukan kubah lava masih berlangsung. Status Gunung Sinabung masih Siaga Level III. Dihimbau warga tidak memasuki Zona Bahaya yang sudah ditetapkan oleh PVMBG.


Leave a Reply