Turnamen Catur Karo Telah Berlangsung

1
282

alexander firdaustcatur karo 3ALEXANDER FIRDAUST. MEDAN. Turnamen Catur Karo antar mahasiswa Sekota Medan yang diselenggarakan oleh Persatuan Catur Karo (Percaka) Kota Medan tengah berlangsung sejak beberapa menit lalu [Jumat 17/4: 14.30 Wib] di Kantin Amik, Jl. Jamin Ginting, Padangbulan, Medan. Sebanyak 30 pecatur saling menjajal kemampuan dalam turnamen berhadiah jutaan rupiah ditambah tropy ini.

Dalam acara pembukaan, tampak sebagian peserta mengenakan Uis Beka Buluh sehingga suasana Kekaroan sangat terasa dalam penyelenggaraan catur Karo yang pertama kalinya diadakan di Kota Medan ini.

“Mengingat sejarah Kota Medan tidak terlepas dari keberadaan masyarakat Karo, dan pendirinya juga adalah Guru Patimpus Sembiring Pelawi, dalam pembukaan turnamen catur Karo yang pertama kalinya diselenggarakan di Medan ini kita hadirkan dengan nuansa Karo,” ujar Ketua Percaka Kota Medan, Gema Kristo Tarigan.

Pembukaan dihadiri oleh beberapa undangan, diantaranya Wakil Ketua Himpunan Masyarakat Karo Indonesia (HMKI) Sumut Gelora Pandia SE MAP dan Sekretaris Percaka Sumatera Utara drs. Halomoan Naibaho.

Ketika diminta tanggapannya tentang turnamen catur Karo yang diselenggarakan oleh Percaka Kota Medan ini, Halomoan turut mendukung dan mengapresiasinya.

catur karo 6
Penulis (kanan, dengan T-Shirt Pa Datas) bersama Skretaris Percaka Sumut (kiri) saat mengamati jalannya pertandingan Catur Karo.

“Mudah-mudahan kita akan buat turnamen catur Karo yang lebih besar lagi, baik di tingkat kabupaten dan kota atau provinsi, juga tingkat nasional dan internasional. Apa yang telah dilakukan Percaka Medan membuat turnamen catur Karo kali ini merupakan cikal bakal dari penyelanggarakan catur Karo yang lebih besar lagi akan dibuat pada masa yang akan datang,” ujarnya.

Gelora Pandia sebagai perwakilan HMKI Sumut sangat bangga atas adanya turnamen ini.

“Turnamen catur Karo bukan hanya mencari siapa pemenang, tapi memancarkan warisan budaya leluhur. Melalui event ini, generasi muda Karo dapat memahani catur Karo yang merupakan salah satu tanda jati diri Suku Karo,” ujar Setia Pandia.

Turnamen catur Karo ini berlangsung hingga 25 April mendatang. Selain dari pihak Percaka Kota Medan, turnamen ini juga turut didukung oleh Sampoerna Retail Community (SRC) dan Ikatan Mahasiswa (IMKA) AMIK MBP Medan. Beberapa pengurus IMKA AMIK MBP yang turut berperan dalam mendukung turnamen catur Karo, diantaranya adalah Rusmadi Ginting, Andre Sembiring, dan Romi Sembiring.


1 COMMENT

  1. Catur adalah pemainan yang sangat bagus untuk latihan ingatan dan konsentrasi pikiran. Bagi tiap pemain catur sedikit saja pikiran terganggu langsung bisa kehilangan kuda atau gajah. Jadi bayarannya cukup mahal kalau lengah sedikit saja. Orang Karo pandai dan tekun main catur karena gak mau bayar mahal he he he . . .

    MUG

Leave a Reply