UN Tingkat SMP Sederajat Telah Menanti

0
179

bastantasmp 2BASTANTA P. SEMBIRING. JAMBI. Setelah kemarin (13-17/4) siswa/i tingkat SMA sederajat menjalani Ujian Nasional (UN), kini tiba giliran untuk  tingkat SMP, MTS, dan SMPLB sederajat menjalani UN yang akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia [Senin 4/5 hingga Kamis 7/5].

Diawali dengan pengujian mata pelajaran Bahasa Indonesia (BI) di hari pertama dan diakhir pengujian mata pelajara Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada hari terakhir. Untuk UN, susulan dilaksanakan Senin 11 Mei – Jumat 15 Mei 2015.

Pada UN tingkat SMP sederajat ini, pelaksanaannya sama dengan yang sebelumnya dijalani siswa/i tingkat SMA sederajat. Sistem pengujian dilakukan dengan dua cara, yakni dengan PBT (Pengujian Berbasis Tulis) dan CBT (Computer Based Test).

Dari informasi yang berhasil dihimpun Sora Sirulo melalui akun resmi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di @Kemendikbud_RI, dikatakan kalau perlakukan antara siswa – siswi yang mengikuti ujian PBT dan CBT sama saja. Jadi siswa/i tidak usah kawatir. Hal ini disampaikan untuk menjawab banyaknya pertanyaan di masyarakat, apakah ada perlakuan/penilaian berbeda terhadap siswa/i yang mengikuti ujian PBT ataupun CBT.

Lebih lanjut mengenai kelulusan, siswa/i dinyatakan lulus apabila telah menyelesaikan program pembelajaran, nilai prilakunya baik, dan lulus ujian sekolah (Permendikbud 5/2015). Tentunya nilai-nilai ini sebagian besar diperoleh dari keseharian siswa/i yang akan dinilai oleh pihak sekolah, sesuai dengan Pemendikbud 5/2015 Pasal 2 ayat 2, bahwa kelulusan peserta didik dari Ujian Sekolah/ Madrasah ditentukan oleh satuan pendidikan melalui rapat dewan guru.

Untuk peserta didik dari Ujian Program Kesetaraan, kelulusannya ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota melalui rapat pleno yang melibatkan perwakilan satuan pendidikan (Permendikbud 5/2015 Pasal 2 ayat 3).

Untuk SHUN (Surat Hasil Ujian Nasional), setiap peserta didik yang telah mengikuti UN akan mendapatkan SHUN (Permendikbud 5/2015 Pasal 6 ayat 1). Adapun SHUN berisikan, biodata siswa, nilai hasil UN untuk setiap mata pelajaran, dan tingkat pencapaian kompetensi lulusan untuk setiap mata pelajaran. SHUN diberikan setelah pengumuman hasil UN yang untuk tingkat SMP direncanakan serentak pada 10 Juni 2015.


Leave a Reply