Kolom M.U. Ginting: MINAT KE ASIA AFRIKA

0
244

M.U. Ginting 2ObamaPemerintahan Obama kelihatannya terpengaruh juga oleh pidato KAA presiden Jokowi. Selain ke Asia Pasifik, Obama juga punya perhatian ke ’Benua Hitam’.

Semua butuh hubungan perdagangan yang lancar dengan Indonesia. Ini terlihat dari pembicaraan bilateral dengan berbagai negara Asia Afrika. Korea dan China terlihat memang sangat membutuhkan.

Kalau 60 tahun lalu KAA lebih menekankan politik, sekarang lebih menekankan ekonomi dan hubungan dagang. Itulah pula salah satu perubahan zaman, bukan lagi era dua blok (politik). ’Semua blok’ ngomong tema yang sama yaitu demi keadilan dan kesejahteraan semua.

Obama mengerti kekuasaan neoliberal, berada di bawahnya, tetapi masih bisa berbelit seperti ular di kandang serigala. Dia jelas memihak keadilan, tetapi harus berhadapan dengan serigala-serigala itu. Kepentingan serigala neoliberal bukan keadilan dan kesejahteraan bersama, tetapi makan daging mentah dan membunuh mangsanya sebanyak mungkin. Tiga lintah darat (3 bank dunia yang disebutkan presiden Jokowi) adalah alat terpenting serigala neoliberal itu.

Dalam pidatonya, Jokowi juga sebut ISIS sebagai ancaman ’radikalisme’ Islam. ISIS punya tentara lebih dari seperempat juta orang dengan senjata lengkap dan modern dengan rekrutering terus-terusan dari banyak negeri.

Dunia masih mencari dan bertanya dari mana biaya besar diperoleh ISIS. Jawaban pertanyaan ini merupakan kunci dalam menghadapi teror ISIS.

Taliban telah menyatakan perang terhadap ISIS. Dunia mengenal Taliban juga sebagai teroris. Tetapi ada perbedaan yang ’aneh’ antara dua militan ini. Taliban bersifat nasionalistis, ISIS bersifat internasionalistis. ISIS penerus dan pengganti internasionalisme abad 19?

 


Leave a Reply