Sinabung Panggil Pemuda Karo

1
241

Oleh: Joppy Kheristian Sinulingga

IMKA Eguaninta FISIP USU

 

Joppy 1Joppy 3Pembangunan suatu bangsa dan daerah sangat dipengaruhi oleh pemuda karena pemuda merupakan motor penggerak dan pengawas proses pembangunan. Mengutip pendapat Bung Karno: “Berikan aku 10 pemuda akan kuguncang Dunia.” Dari pendapat Bung Karno ini dapat diartikan pemuda merupakan motor utama yang bisa mengubah dunia.

Untuk mendapatkan pengetahuan dalam rangka pembangunan maka pemuda/ pemudi menimba ilmu ke Perguruan Tinggi. Dunia kampus identik dengan berbagai kegiatan extra mahasiswa di luar kampus seperti organisasi mahasiswa. Banyak organisasi yang berdiri dibangun oleh mahasiswa di kampus, baik yang organisasi extra dan intra. Salah satu organisasi mahasiswa di beberapa kampus di Indonesia yaitu IMKA (Ikatan Mahasiswa Karo).

Beberapa kampus di Indonesia memiliki IMKA dan organisasi mahasiswa Karo lainnya.  Pada dasarnya IMKA mempunyai tujuan untuk menghimpun mahasiwa/ mahasiswi Karo yang menimba ilmu yang jauh dari kampung halaman untuk bersatu dan melakukan berbagai kegiatan membangun  taneh kemulihen (Taneh Karo Simalem) dan membentuk wadah ikatan kekeluargaan untuk memajukan organisasi dalam rangka pelatihan karakter kepemimpinan, mencinta budaya Karo serta peduli dan mau membangun kuta kemulihen.

Joppy 5IMKA seharusnya dapat menjadi motor penggerak pembangunan daerah Taneh Karo (Kabupaten Langkat, Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Karo, Kota Medan, Kota Binjai, Simalungen Atas Sebagian besar Dairi, dan sebagian besar daerah Aceh Tenggara).

Namun belakangan ini, di saat sebagian keluarga kita dilereng Gunung Sinabung dilanda musibah perhatian dan kepedulian, mahasiswa Karo belum dirasakan meringankan beban saudara kita korban erupsi Sinabung.

Luncuran awan panas dan lahar dingin menghancurkan kampung halaman kita. Haruskah kita diam? Relokasi keluarga kita tidak jelas, diam kah kita? Masyarakat Sinabung tidak mengharapkan sepenuhnya materi dari kita mahasiswa Karo namun lebih kepada harapan kepada kita untuk memperjuangkan keberadaan keluarga kita di lereng Sinabung. Sudah lebih setahun mereka di pengungsian dengan tidak kejelasan kemana harus melanjutkan kehidupan.

Dimana kita mahasiswa Karo? Pemuda Karo di imana?

Ayooo …. kita bersama-sama memperjuangkan hak pengungsi dan korban erupsi Sinabung. Jika Pemda tidak mampu kita akan memperjuangkannya sampai ke Jakarta. Ayo bergabung peduli dan berjuang pemuda Karo dan mahasiswa Karo for Sinabung. Bersatu kita kuat.


1 COMMENT

Leave a Reply