Mayweather vs Facquiao: Pertarungan Abad Ini

0
125

tinju 1bastantaBASTANTA P. SEMBIRING. JAMBI. Pecinta tinju dunia dalam waktu dekat ini akan disuguhkan pertarungan yang  telah lama dinanti-nantikan. Dua jagoan kelas dunia Floyd Mayweather (USA) dan Manny Facquiao (Filiphina) akan bertarung di atas ring MGM Grand Arena, Las Vegas (USA) [Sabtu 2/5 waktu setempat atau Minggu 3/5 Pagi Dini WIB].

Pertarungan ini sangat menyita perhatian tinju dunia. Bukan hanya karena bertemuanya dua juara dunia Mayweather (WBA dan WBC) dan Pacquiao (WBO) yang memiliki catatan bertanding mengagumkan, namun juga dikabarkan setidaknya sekitar Rp 6 Triliun dana yang harus disediakan agar pertandingan ini dapat terselenggara.

Berita yang berhasil dihimpun Sora Sirulo dari beberapa sumber, tiket untuk menonton pertandingan dijual seharga 1500 USD atau sekitar Rp 19 juta hingga 5.000 USD (Rp 64, 6 juta) dan dalam waktu sekejap naik menjadi 7500 USD (Rp 97 juta). Bahkan, dari informasi yang dirilis oleh salah satu stasiun televisi nasional, untuk dapat menonton dekat ring, penonton harus merogoh kocek hingga Rp 1, 3 Milyar.

Wasit untuk perandingan ini, Kenny Bayless, dikabarkan menerima honor 25.000 USD atau sekitar Rp 323 juta. Sungguh harga yang fantastis. Ini merupakan pertandingan termahal dalam sejarah tinju dunia. Tak heran bila publik memberi label “Fight of The Century”.

Secara rekor, Mayweather (38) berhasil membukukan 47 kemenangan. 27 diantaranya dengan kemenangan KO dan belum terkalahkan. Di sisi lain, Pacquiao (36) atau lebih akrab dipanggil Pac Man juga memiliki rekor yang tidak kalah mentereng. Dari 64 pertandingan, Pac Man berhasil membukukan 57 kemenangan (38 melalui KO), 5 kalah, dan 2 kali seri. Dari catatan pertandingannya sejak Desember 1998, Pac Man telah berhasil menorehkan 6 gelar tinju dunia dari enam kelas yang berbeda. Ini merupakan rekor pertama petinju dari Asia dan ke dua di dunia. Sebelumnya, rekor ini dipegang oleh Oscar De La Hoya. Sungguh rekor prestasi yang sangat luar biasa.

Publik sempat pesimis pertandingan ini dapat berlangsung. Pasalnya, kesepakatan tentang bagi hasil pertandingan antara kedua belah kubu baru tercapai 2 pekan menjelang pertandingan. Kubu PacMan akhirnya mau mengalah (40:60) dalam pembagian hasil pertandingan.

Pac Man berujar, ini bukan pertandingan soal uang tetapi siapa yang terbaik dan memuaskan hasrat penggemar. Atas hal ini dukungan pun terus mengalir kepada petinju asal Filiphina dengan nama lengkap Emmanuel Depidran Pacquiao (Manny Pacquiao). Beberapa pesohor Hollywood memberikan dukungan khusus. Sebuat saja seperti Sylvester Stallone yang khusus berkunjung ke tempat latihan PacMan untuk memberi dukungan, seperti yang dilansir oleh TV One.
.
Untuk memuaskan hasrat pecinta tinju di Tanah Air, pertandingan ini akan disiarkan oleh TV One secara langsung dari MGM Grand, Las Vegas (USA). Jadi, bersiaplah menyaksikan pertandingan terbesar dalam sejarah tinju dunia ini.




Leave a Reply