BMKG Gelar Peningkatan Kemampuan Pegawai

Janner SimarmataBMKG 1JANNER SIMARMATA. MEDAN. Balai Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I menyelenggarakan kegiatan Peningkatan Kemampuan Pegawai dalam Pengolahan Data Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara dan Geofisika (MKKuG) mulai kemarin [Senin 27 – Kamis 30/4] di kantor BMKG Wilayah I Medan.


Dalam laporannya, Sriwahyuni ST yang merupakan Ketua Pelaksana Kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan ini mengambil tema: “Dengan Peningkatan Kemampuan Pengolahan data MKKuG Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG) Kita Bangun BMKG yang Handal, Tanggap dan Terpercaya.”

Menurut Kepala BBMKG Wilayah I Medan (drs. Herry Saroso), BMKG memegang peran penting bagi masyarakat dan media massa.

“Diharapkan BMKG akan menjadi pemain dunia dalam pemberi Layanan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika dan meningkatkan Inovasi dan Teknologi Informasi Meteorologi Early Warning System, Climatology Early Sistem dan Tsunamy Early Warning Sistem,” kata Herry Saroso.

“Produk informasi yang berbasis SIG ini akan mendorong percepatan informasi oleh media ke masyarakat. Pengolahan data MKKuG berbasis sistem informasi geografis sangat penting dalam mengintrepretasikan layanan MKKuG ke dalam bentuk spasial,” kata Benni Purwonegoro S.Kom sebagai narasumber dari Badan Informasi Geospasial (BIG).

Menurut Sunardi SKom yang Kepala Bidang Data dan Informasi MKgG Wilayah I sebagai penanggungjawab kegiatan. kegiatan seminar ini dihadiri peserta dari Unit Pelayanan Teknis BMKG yang berasal dari NAD, Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri. Dia mengharapkan media masa bisa berperan aktif dalam menyampaikan informasi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.