Awan Panas Sinabung Masih Meluncur Kemarin

0
196

foto nggunturawan panas 8NGGUNTUR PURBA. KABANJAHE. Siang menjelang sore kemarin [Rabu 29/4: WIB] kembali terjadi ancaman awan panas Gunung Sinabung. Memang tidak sehebat yang kemarin dulu [Selasa 28/4], namun jarak lucur awan panas Gunung Sinabung kali ini kembali membakar kawasan hutan Desa Gurukinayan (Kecamatan Payung).

Luncuran awan panas yang terjadi Selasa Malam kemarin dulu sempat membakar puluhan rumah warga termasuk 4 rumah adat di Gurukinayan. Rumah-rumah ini sudah ditinggalkan oleh pemiliknya selama kurun waktu satu tahun lebih. Bekas jilatan awan panas saat ini masih bisa terlihat di kawasan hutan Desa Gurukinayan yang ikut terbakar setelah disapu oleh awan panas yang meluncur dari kawah gunung.

awan panas 9Sementara itu, menurut pantauan petugas Posko Pengamatan Gunung Sinabung (PVMBG), saat ini, aktifitas luncuran awan panas Sinabung sudah mulai mengalami penurunan. Namun, ancaman awan panas besar masih dapat terjadi. Ancaman ini kemungkinan bisa terjadi karena ‘aktifitas kegempaan dalam’ dari Gunung Sinabung masih terus terekam.


Leave a Reply