Mahasiswa Bersih-bersih Rumah Adat Lingga

0
251

Salmen 12bersih 6SALMEN KEMBAREN. SIMPANGEMPAT. Puluhan pemuda Karo turun ke Desa Lingga (Kecamatan Simpangempat) hari ini [Jumat 1/5] dalam rangka melakukan gerakan bersih-bersih lokasi wisata. Para pemuda lintas komunitas ini melakukan aksi mengingat tidak terawatnya tempat-tempat wisata di Kabupaten Karo.

“Kita hendak menumbuhkan kesadaran masyarakat akan dunia wisata. Pemerintah sepertinya sudah kurang peduli dalam konservasi dan pengembangan wisata,” ujar Joppy Sinulingga yang juga koordinator kegiatan.

Sebanyak 30 pemuda yang mayoritas mahasiswa ini bergerak dari Medan langsung menuju Desa Lingga.

bersih 7Kepala Desa Linga, Serpis Ginting, sangat mengapresiasi kegiatan pemuda yang turun langsung menyatakan kepeduliannya. Dia langsung menyediakan beberapa peralatan kebersihan berupa cangkul dan parang. Ia berharap agar kegiatan serupa menginspirasi kelompok-kelompok mahasiswa lainnya untuk melakukan kegiatan serupa atau yang lebih baik lagi.

Beberapa warga juga turut membantu dalam membersihkan lingkungan bersama anggota gerakan. Setelah 3 jam lamanya melakukan pembersihan lingkungan Rumah Gerga, akhirnya para anggota gerakan pulang kembali ke Medan. Adapun organisasi yang terlibat dalam gerakan ini adalah Karo Tracker Community, IMKA Pande Kaliaga Fakultas Teknik USU, IMKA Rudang Pariama Politeknik Negeri Medan, IMKA Merga Silima FMIPA USU, IMKA Eguaninta FISIP USU dan IMKA Micro Skill.

Bravo Surbakti yang ketua IMKA Rudang Pariama menyatakan akan melakukan gerakan serupa dengan mengerahkan lebih banyak personel dari lebih banyak organisasi pemuda Karo.

bersih 8Kegiatan berikutnya direncakan di Kota Berastagi dan Penatapen Doulu. Mereka berharap dengan kegiatan ini menyentuh nurani pemerintah agar lebih memperhatikan destinasi wisata unggulan Karo.


Leave a Reply