Penjagaan Zona Bahaya Sinabung Lemah

0
259
portal 1
Terlihat angkutan umum keluar masuk portal penjagaan Simpang Gurukinayan.

astrea purbaASTREA PURBA. PAYUNG. Hingga saat ini, sejak 8 April 2014, pemerintah menetapkan Status Siaga (Level III) untuk Gunung Sinabung sekaligus menghimbau agar warga tidak memasuki Zona Bahaya atau wilayah radius 3-5 Km dari kawah gunung. Namun begitu, sebagaimana terlihat oleh Sora Sirulo hari ini [Jumat 1/5: Siang], masih banyak warga yang membandel dan memaksa masuk.

Mereka tetap nekat memasuki perkampungan Desa Gurukinayan yang berada di dalam wilayah radius 3-5 Km dari kawah Sinabung.

Memang ada portal dibangun warga setempat di persimpangan jalan raya Kabanjahe–Tiganderket dengan dengan jalan menuju Desa Gurukinayan. Warga bergantian berjaga di sana untuk mencegah adanya orang yang nekat memasuki wilayah berbahaya itu. Akan ttapi, sebagaimana mereka akui sendiri, mereka kewalahan mencegah orang-orang yang memaksa untuk masuk.

“Bagaimana kita mencegahnya kalau yang memaksa masuk itu adalah warga Desa Gurukinayan sendiri? Warga dari Medan pun sering masuk ke dalam. Kami hanya bisa memberi himbauan supaya mereka berhati-hati ketika berada di dalam desa,” kata salah satu penjaga portal kepada Sora Sirulo.


Leave a Reply