Gurukinayan Kering Kerontang

0
404
gurukinayan
2 warga Gurukinayan sedang mengambil bagian-bagian bangunannya yang masih bisa digunakan setelah dibakar oleh awan panas Sinabung.

astrea purbaASTREA PURBA. PAYUNG. Warga Desa Gurukinayan (Kecamatan Payung) masih terlihat memasuki desa mereka [Jumat 1/5] untuk mencari barang-barang yang masih layak dipergunakan dari sisa-sisa kebakaran beberapa hari lalu [Selasa 24/4].

Mereka mengaku masih memiliki rasa takut untuk kembali ke desa mereka. Akan tetapi, akibat kekurangan sumber ekonomi, mereka memberanikan diri memasuki desa.

“Bukan kami tidak takut. Meski takut, kami harus pulang ke rumah untuk mengambil barang-barang yang masih bisa digunakan,” kata salah seorang warga Gurukinayan kepada Sora Sirulo.

Saat itu, beberapa warga terlihat sedang mengambil jendela rumahnya dan mengutip apa saja yang kemungkinan masih bisa dipakai.

Hasil pantauan Sora Sirulo, pemukiman warga Desa Gurukinayan memang sudah sangat memperhatinkan. Porak poranda dan kering kerontang. Tercatat sudah 4 rumah adat Karo dan 10 rumah keluarga setempat yang terbakar akibat tersapu oleh awan panas yang menyembur dari kawah Gunung Sinabung. Masing-masing rumah adat Karo itu ditempati oleh 8 keluarga batih (siwaluh jabu).

gurukinayan 2
Seorang warga Gurukinayan yang mencari benda-benda kecil yang mungkin masih bisa digunakan dari sisa-sisa kebakaran rumahnya setelah disapu oleh awan panas Sinabung.


Leave a Reply