Edukasi Vulkanologi Anak-anak Sinabung

0
319

Kadri 3Kadri 8KADRI B. TARIGAN. NAMAN TERAN. Sebanyak 250 siswa SD kembali mendapatkan sentuhan edukasi dari relawan Laskar Karo Erdilo (LKE). Setelah pendidikan tentang kesehatan dan kebersihan yang dilaksanakan sebelumnya, LKE kembali dengan edukasi tentang gunung api (vulkanologi) di SD Negeri 046417 Desa Naman (Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo) [Sabtu 25/4].

Sejumlah peralatan praktek pendukung seperti tanah, cuka, botol dan pewarna buatan dikumpulkan untuk membentuk sebuah gunung kecil yang akan erupsi mengeluarkan campuran cairan tersebut.

Relawan LKE memberikan edukasi vulkanologi dengan praktek membentuk gunung dari tanah yang di dalamnya ditanam botol berisi pewarna, baking soda dan deterjen pembersih. Setelah gunung buatan terbentuk, lalu disiram dengan air cuka sehingga mengeluarkan cairan yang menyerupai lava saat gunung berapi mengalami erupsi.

Kadri 9“Kita memberikan edukasi vulkanologi kepada adik-adik agar mereka lebih mengerti gambaran bagaimana gunung bisa erupsi. Apalagi kita melakukannya dengan praktek secara langsung di lapangan sehingga bisa secara langsung melihat gunung Sinabung,” ungkap Rida salah satu relawan perempuan dari LKE.


Leave a Reply