Kereta Jerman Mogok Malam Ini

0
258

mogok 1LORETA KAROSEKALI. AMSTERDAM. Malam ini [Selasa 5/5], mogok kerja akan diadakan oleh para masinis kereta api angkutan penumpang umum Jerman.

Mogok ini dilakukan sebagai lanjutan dari mogok kerja para masinis kereta api angkutan barang (kargo) tidak mendapat tanggapan berarti dari pemerintah maupun masyarakat. Dengan pemogokan kereta api penumpang, Serikat Pekerja Masinis Jerman (GDL) berharap tuntutan mereka mendapat tanggapan setidaknya dari masyarakat.

Bila tidak langsung mendapat tanggapan, GDL akan melanjutkan mogok ini hingga Minggu [10/5] pagi. Bila pemogokan ini betul terjadi selama itu, maka ini akan menjadi rekor pemogokan terlama sejak 1994.

GDL menuntut kenaikan gaji dan jam kerja dalam hitungan sepekan yang lebih pendek.

Perusahaan Kereta Api Jerman (DB) mencoba mengantisipasi pemogokan ini dengan mempersiapkan masinis-masinis pengganti selama pemogokan. Mereka berharap sepertiga dari arus utama dan 15 sampai 60% dari kereta api dapat terus beroperasi.

Para penumpang di Jerman bagian Timur yang akan paling mengalami akibat pemogokan ini. Di Jerman bagian Barat tidak akan begitu parah karena tidak semua masinis adalah anggota GDL.

Bagi kam yang hendak bepergian ke Jerman, khususnya Jerman bagian Timur, silahkan tinjau ulang rencana perjalananndu bila memang ada menggunakan angkutan kereta api.


Leave a Reply